Halaman

Senin, 27 Oktober 2014

Asem-Asem Buncis Campur

Assalamualaykum


Salah satu sayur yang bertahun-tahun absen dari meja makan saya, hari Sabtu yang lalu kembali terhidang untuk keluarga. Sayur dengan bumbu sederhana yang tergolong hemat ini cukup ngangeni.
Sesuai dengan judulnya asem-asem menonjolkan rasa manis asem yang seger dan sedikit pedas. Apalagi dinikmati dalam cuaca yang panas, cocok banget. Isi sayur yang saya pakai terdiri dari buncis, wortel dan labu siam. Selain itu pake daging dan tahu juga. Komplit deh. Untuk memberikan rasa asem saya masukkan larutan asam jawa dan sedikit tomat sebagai penyegar.

Bahan :
150 gr daging/tetelan sapi
500 ml air
200 gr buncis, siangi, potong 1-2 cm
2 bh wortel, potong sesuai selera
1 bh labu siam ukuran kecil, potong dadu
5 bh tahu goreng, potong jadi 4-5 bagian
1 bh tomat merah, potong kasar
5 sdm kecap manis
4 butir asam jawa larutkan dalam 50 ml air panas
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
300-400 ml air (jika ingin kuah banyak, tambahkan airnya)

Bumbu iris :
10 butir bawang merah
5 siung baawang putih
10 bh cabe merah keriting
3 bh cabe hijau keriting

Cara membuat :
  1. Rebus daging dan air sampai daging jadi empuk. Angkat daging dan potong dadu. Sisihkan air kaldunya.
  2. Tumis bumbu iris sampai harum, masukkan daging dan air kaldunya. Biarkan mendidih.
  3. Masukkan kecap manis, garam dan gula pasir. Setelah itu menyusul buncis, wortel, labu siam, dan air.
  4. Setelah mendidih koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk/penyedap rasa silakan ditambahkan.
  5. Terakhir masukkan tahu dan tomat, didihkan sekali lagi. Angkat dari api.


4 komentar:

  1. Aku barusan ikutan bikiiin, cabenya pake yang gede supaya ga pedes buat bocah.. Makasih inspirasinya yah mba'ee, mmuaahhh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama- sama. enak sih ya asem seger gitu hihi...aku kalo lagi diet cabe kadang cabenya juga diilangin kok.

      Hapus
  2. kl asem2 pasti segerrr,,,,,^^
    tambah sambel dan kerupuk hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. begitu baca kerupuk aku kok ngiler maneh pingin asem-asem ya hahahaaa...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.