Sayur Asem

Assalamualaykum


Cuaca panas di hari-hari terakhir ini membuat saya selalu ingin menikmati makanan yang segar dan berkuah. Salah satunya adalah sayur asem/asam.
Membayangkan rasanya yang asem-asem seger dan sedikit pedas membuat saya ngiler berat. Setelah belanja di tukang sayur saya menengok belimbing sayur/belimbing wuluh milik tetangga. Niatnya mau minta gitu. Sayang, ternyata tidak berbuah. Padahal sebenarnya lebih segar jika memakai belimbing sayur. Untung ada asam jawa di rumah sehingga rasa asam saya dapatkan dari asam jawa ini. Lebih sedep lagi jika pake daun melinjo. Sayang di Ciledug sini daun melinjonya terlalu tua sehingga saya kurang suka. Jadi daun melinjo saya skip. Setelah matang dinikmati bersama nasi, ikan asin, tahu goreng dan sambel terasi duuuhhhh nikmaaattt...
                     
Bahan :
75 gr kacang tanah yang berkulit ari
1 tongkol jagung manis, potong bulat
125 gr labu siam, potong dadu
5 lonjor kacang panjang, potong 2 cm
5 butir asam jawa, larutkan dalam 100 ml air
700 ml air
1 sdt garam
2 sdt gula pasir
1 butir tomat merah, potong dadu

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
5 bh cabe hijau besar

Cara membuat :
  1. Rebus kacang tanah sampai empuk dan matang, Buang airnya dan tiriskan. 
  2. Masukkan jagung manis, bumbu iris dan air ke dalam panci. Rebus sampai mendidih dan jagung jadi matang. 
  3. Masukkan garam, gula dan air asam. Menyusul labu siam, kacang panjang dan kacang rebus. didihkan kembali. Setelah mendidih koreksi rasanya. Terakhir masukkan tomat merah dan matikan api.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

6 komentar

jadi laper nih mb Rina ^_^, setuju banget mbsayur asem pakai belimbing wuluh lebih seger, sayangnya jarang ada yang jual hihihi

toss deh. Asemnya belimbing wuluh tidak se-asem jika pake asem jawa ya...

uhuiiiiii...... ngilerrrrrrrrrr mbakkkkkk.
aku ada postingan sayur asem...udh lama...tp kok aras2an mau publish...hihi
nungguin cake yg mb rina bilang kmrn....mana...mana... ????

ayo dong diposting. Tulis resep plus pic-nya aja nggak pake prolog juga gak papa kalo lagi males.
Cake coklatnya udah aku posting tapi publish-mya masih lama karena antri. Bulan lalu inetku super duper lemot jadi banyak resep yang telat masuk blog.

duh,ini favorit bangettt...seger

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon