Laman

Selasa, 30 September 2014

Kolak Ketan Campur


Assalamualaykum


Beberapa waktu yang lalu saya mampir ke pasar induk dan ketemu pisang raja bagus-bagus. Langsung lapar mata dan beli pisang 2 sisir.
Setelah sampai rumah bingung mau dimasak apa. Keesokan harinya saya masih beli singkong di tukang sayur. Padahal ada 2 buah ubi merah gede di dapur. Duh kemaruk bener.  Akhirnya kepikir bikin kolak aja dan setelah matang ternyata hasilnya banyak banget.  Setelah kolaknya matang ada tukang bubur lewat dan membawa ketan. Sip deh. Kolak dan ketan sangat cocok dinikmati sebagai sajian hari itu. Sebagian kolak ini saya bagi ke tukang sayur yang rame dengan ibu-ibu yang lagi belanja. Dan laris manis. Alhamdulillah. Resep di bawah nanti saya tulis dengan porsi banyak ya. Jika ingin bikin sedikit silakan dikurangi saja takarannya.


Bahan :
150 gr gula merah, disisir
300 ml air
700 ml santan encer  (sisa perasan santan kental)
3 lbr daun pandan, simpulkan
200 ml santan kental dari ½ butir kelapa
300 gr singkong yang telah dikupas, potong dadu
300 gr ubi merah yang telah dikupas, potong dadu
1 sisir (10 buah) pisang raja, potong bulat
75-100 gr gula pasir
¼-1/2 sdt garam
400 gr ketan putih/hitam, siap makan ( resep di sini )

Cara membuat :

  1. Rebus gula merah dan air sampai gula jadi larut. Saring dan sisihkan. 
  2. Tuang santan encer ke dalam panci, menyusul daun pandan, singkong dan ubi. Rebus sampai matang dan empuk. 
  3. Masukkan air gula merah, santan kental dan pisang raja. Masukkan juga garam dan gula pasir. Aduk-aduk santan dengan cara ditimba-timba supaya santan tidak pecah. Jangan lupa koreksi rasanya. Setelah mendidih matikan api. 
  4. Penyajian : letakkan ketan di dalam mangkuk kemudian tuangi dengan kolak.


4 komentar:

  1. Segernyaaaaa....ada yg kurang.dureeennnn hahsha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaaaaa.....mana durennyaaaaaa.....bawa sini gih.....

      Hapus
  2. waw...enaknya makan kolak...mau pesan 1 mangkok....

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang enak kak kolaknya. Kebetulan kolaknya mateng pagi hari dan bapaknya anak-anak sarapan pake kolak hahahaaaa.....ssssttt jangan bilang siap siapa ya hihi....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.