Laman

Senin, 29 September 2014

Tahu Asam Manis


Assalamualaykum


Selama saya ngeblog belum pernah rasanya  bikin resep ini. Resep sederhana ini membuat saya penasaran dengan rasanya.
Padahal sebelumnya pernah makan ikan dengan saus asam manis ini tapi udah lamaaa banget.  Jadi udah lupa. Karena di kulkas adanya cuma tahu dan nggak ada ikan ya pake bahan seadanya saja. Bahan yang dipake juga gampang kok, pake bumbu yang ada di dapur setiap hari. Untuk menguatkan rasa asamnya saya menggunakan air jeruk nipis. Pake jeruk lemon juga boleh. Nggak berani pake cuka karena lambung saya mesti protes. Penggunaan saus tomat pun cuma 1 sdm saja. Setelah matang enak deh. Seger gitu. Saya yang pesimis dengan selera makan bapaknya anak-anak yang rada ndeso, lha kok malah doyan makanan oriental begini hihi....Tapi gimanapun tetep seneng deh karena masakan saya disukai orang rumah.

Bahan :
350 gr tahu putih, potong dadu
½ butir bawang bombay, iris panjang
2 siung bawang putih, cincang kasar
2 bh cabe merah besar, iris tipis
2 bh tomat merah, potong dadu kecil
1 sdm saus tomat
½ sdt garam
2 sdt gula pasir
200 ml air
2-3 sdm air jeruk nipis/lemon
1 batang daun bawang, iris tipis
1 sdt tepung jagung/maizena, larutkan dalam sedikit air

Cara membuat :

  1. Goreng tahu sampai berkulit, angkat dan tiriskan. 
  2. Tumis bawnag bombay , bawang putih, cabe dan tomat sampai layu. Masukkan tahu, saus tomat, garam dan gula. Tuangi air dan didihkan. 
  3. Masukkan air jeruk nipis dan koreksi rasanya. Jika sudah pas masukkan daun bawang kemudian kentalkan dengan larutan tepung jagung. Matikan api dan sajikan.
 

4 komentar:

  1. dulu juga pernah bikin,lumayan buat variasi hehehe

    BalasHapus
  2. kalau di siram di gurami goreng enak nih mbak.... saos masam manis.
    ssstttt... aku sering ngiler kalau kondangan ada menu ini... hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya iyalah kalo pake gurame itu paling uenak. Aku juga doyan banget kalo pake gurame lha guramenya sendiri udah maknyusss

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.