Laman

Sabtu, 27 September 2014

Sambel Tempe Cabai Campur



Assalamualaykum
 

Bikin lauk yang murmer gini selalu membuat saya bergairah untuk mengeksekusinya (halah). Resep ini tanpa sengaja saya lihat di Tabloid Saji.
Karena setiap hari ‘membabu buta’ makanya cari resep yang cepet rampung. Lauk gini paling pas ditemani lalap dan dilengkapi sayur yang seger seperti sayur bening atau sayur asem. Ngiler dengan resepnya karena cabe yang digunakan dua macam, yaitu cabe merah dan hijau. Biasanya saya hanya pake satu atau dua macam cabe saja. Ternyata enak lho. Sedep gitu. Yang nggak percaya harus cobain sambel tempe ini. Yang sudah percaya wajib hukumnya untuk bikin, hihi....Apalagi bagi penyuka makanan pedas, sambel  seperti ini bener-bener bisa bikin kemecer. Seperti biasa resep sambel di bawah ini sudah saya modif sesuai selera orang rumah.


Bahan :
300 gr tempe, potong sesuai selera
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 sdt garam
250 air hangat

Bahan sambel :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir cabe merah besar
5 bh cabe rawit merah
5 bh cabe hijau besar
5 bh cabe hijau keriting
5 bh cabe rawit hijau
1 sdt terasi
½-1 sdt garam
¼ sdt gula pasir

Cara membuat :

  1. Haluskan bawang putih, kemiri dan garam. Tuangi air hangat dan aduk rata. Rendam tempe ke dalamnya selama minimal 15 menit. Goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan. 
  2. Goreng semua bahan sambal kecuali garam dan gula. Tumbuk kasar di atas cobek batu. Tambahkan garam dan gula, tumbuk lagi. 
  3. Masukkan tempe dan tumbuk kasar. Aduk rata dan sajikan.


8 komentar:

  1. duh enaknya..hehe..salam kenal..izin follow ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga pak. Silakan difollow blognya. Terimakasih

      Hapus
  2. Oh, I love this!!! Thank you for sharing this delicious recipe!
    All my best from Austria
    Eliabeth

    BalasHapus
  3. terasi...terasinya mana mbak.... ahhahah
    aku lg pengen sambel terasi.... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi....sambel emang paling enak pake terasi ya

      Hapus
  4. duh mba..aku sukses ngileeer >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di brusel ada tempe yuk bikin yuk

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.