Halaman

Kamis, 25 September 2014

Tongkol Goreng Cabe Ijo

Assalamualaykum


Setelah tempo hari bikin suwir tongkol cabe ijo ternyata bapaknya anak-anak masih pingin lagi. Setelah nganter sekolah mampir ke pasar dan beli tongkol lagi.
Kali ini tongkolnya ingin digoreng dengan potongan agak besar, jangan disuwir. Ok deh. Siap kalo gitu. Resepnya sama dengan tempo hari hanya ikan tongkolnya aja dipotong rada gede kemudian digoreng.

Bahan :
600 gr pindang tongkol, potong sesuai selera
20 bh cabe ijo besar (jika ingin lebih pedas tambahkan cabe rawit)
6 butir tomat hijau ukuran kecil, dibelah 2
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lbr daun salam
4 lbr daun jeruk
1/2-1 sdt garam
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Cara membuat :

  1. Rebus cabe ijo besar, tomat, bawang merah dan bawang putih dalam air mendidih selama 15 menit. Sementara itu goreng ikan tongkol sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  2. Tiriskan rebusan cabe. Selagi panas, uleg kasar semuanya di atas cobek batu.
  3. Panaskan kembali sedikit minyak sisa menggoreng tongkol di atas wajan kemudian tumis cabe uleg bersama lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk. Aduk-aduk sampai agak kering.
  4. Masukkan suwiran tongkol, aduk rata. Beri garam, santan dan air. Boleh diberi kaldu bubuk/penyedap rasa bila suka. Masak sampai airnya mengering. Koreksi rasanya. Jika sudah pas matikan api.
Note : jika tidak ada pindang tongkol gunakan saja ikan tongkol segar. Setelah dibersihkan dikukus sampai dagingnya menjadi padat. Ikan tongkol kukus siap digunakan.

2 komentar:

  1. mak nyus pasti rasanya...jadi ingat makanan favorit saya,,,ikan bakar :D

    BalasHapus
  2. di kota dumai ikan tongkol cukup murah mb.
    ada namanya ikan tongkol sisik... rasanya lebih enak. kalau emak sering di rendang nih.
    tp..... aku ng suka tongkolll....hwaaaaaa... ^_^

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.