Laman

Rabu, 24 September 2014

Cireng Isi Pedas

Assalamualaykum


Lagi pingin makan cireng tapi kok bosen dengan cireng yang biasa dibuat. Ingin cireng yang agak beda, diberi isian gitu.
Setelah liat stok di kulkas saya masih punya bakso dan sosis. Sip deh. Bakso dan sosisnya dimasak pedes aja biar semangat makan cirengnya (nggak pake isian aja selalu cepet ludes kok apalagi dikasih isi kayak gini). Cara bikin cirengnya mudah aja tinggal dituangi air panas kemudian dibentuk bulat pipih dan diberi isi. Setelah digoreng siap disantap. Oh ya jika ada pertanyaan meletus apa nggak cirengnya ketika digoreng ? Saya jawab Insya Allah tidak. Asal digoreng pake api agak kecil dan minyaknya jangan panas sekali.

Bahan isi :
3 butir bawang merah, haluskan
2 siung bawang putih, haluskan
3 bh cabe merah keriting, haluskan (jika ingin lebih pedas tambahkan rawit merah)
5 bh bakso, potong dadu
2 bh sosis, potong dadu
1 batang wortel.potong dadu
garam, merica bubuk dan gula pasir secukupnya.

Cara membuat :
1. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabe sampai harum.
2. Masukkan bakso, wortel dan sosis. Beri garam, merica dan gula. Masak sampai matang. Tuangi air 50-75 ml supaya bumbu meresap. Cek rasanya. Setelah kering angkat dan dinginkan.

Bahan cireng :
250 gr aci/tapioka/kanji
2 siung bawang putih dihaluskan
1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk (saya nggak pake)
1/2 sdt penyedap rasa (saya nggak pake)
1 batang daun bawang, iris halus
250 ml air
Tepung tapioka untuk taburan, secukupnya

Cara membuat :
  1. Dalam sebuah wadah besar campur aci, bawang putih halus, garam, kaldu bubuk, penyedap rasa dan daun bawang. Aduk rata dan sisihkan.
  2. Didihkan air dan segera tuang ke dalam campuran aci kering. Aduk menggunakan sendok kayu sampai rata. Adonan yang terbentuk liat, pekat dan lengket.
  3. Setelah hangat ambil 1/2-1 sdm adonan dan gulingkan ke dalam tapioka kering, bentuk menjadi bulat pipih. Lakukan sampai adonan habis. Supaya tidak melekat satu sama lain, taburi setiap lembar adonan dengan aci.
  4. Ambil 1 lembar adonan, beri isi, tutup dengan 1 lembar lagi adonan cireng. Rapatkan sisinya dengan cara dicubit-cubit.
  5. Panaskan minyak goreng agak banyak. Goreng menggunakan api agak kecil sampai matang dan sedikit kering. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat.
 

8 komentar:

  1. Cireeeng...!
    Duh jdi galau nih mba, bikin cireng apa nyobain martabak manis lagi ya..haha >.<

    BalasHapus
    Balasan
    1. bikin semuanya aja biar nggak bingung hihi....

      Hapus
  2. These treats look very appetizing and delicious!

    BalasHapus
  3. wah...wah.... baru tau aku mb ada cireng isi...
    ini kalau dingin, liat /alot ng mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya allah gak alot kalo dingin karena :
      1. murni pake tepung aci/kanji/tapioka kualitas bagus
      2. cireng ini gak pake campuran terigu, hanya tapioka saja. Kalo pake terigu, jika sudah dingin biasanya jadi alot
      3. tapiokanya diguyur pake air mendidih sehingga kandungan patinya mengembang (ini hasil baca dari bakul cireng yang dimuat di sebuah tabloid)
      Jika pernah makan berbagai macam cireng, bisa bedain kok resepku ini enak apa tidak (salah satu kriteria cireng enak adalah teksturnya tidak alot meski sudah dingin. Ini pendapat pribadiku ya).

      Hapus
  4. Mba apa bedanya kalau biangnya langsung dimasak sama cuman di siram air mendidih ? Kira2 bagusan yg mana ya ?? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut saya sih sama-sama enak ya. Level kekenyalannya sama. Cuma cara buatnya saja yang beda. Yang disiram air panas tentu lebih praktis daripada yang pake biang (karena harus nguleni kan). Kalo saya sih demen yang disiram air panas aja hehe.....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.