Halaman

Minggu, 05 Oktober 2014

Brownie Butter Cake

Assalamualaykum



Selamat hari Idhul Adha 10 Dzulhijjah 1435H. Pasti lagi sibuk potong kambing ya, hehe...mau posting entri tertunda nih teman. Mumpung longgar dimasukin sekarang aja supaya nggak lupa.
Beberapa waktu yang lalu saya sempat kesasar ke blog yang memuat resep ini. Ketika lihat picnya bener-bener cakep. Kue yang dipajang kelihatan halus, mulus dan padat. Cake coklatnya keliatan nyoklaat banget.  Namanya Brownie Butter Cake. Resep ini dibuat dengan cara 2 cara. Adonan coklat dibuat dengan cara aduk-aduk aja seperti brownie pada umumnya dan adonan putih dengan metode butter/pound cake yaitu mengocok mentega dan gula lebih dulu sebelum menambahkan bahan lain.  Resep brownienya menggunakan coklat blok sebanyak 140 gr. Hmmm saya yakin cake ini bakal sedap. Sedang cake putihnya cukup enak dan berasa butter cakenya. Ya iyalah wong namanya butter cake, gimana sih. Maksudnya berasa padat gitu. Setelah matang dan mau dipoto cake ini saya potong potong menggunakan pisau bergerigi. Ya beremah dong hasilnya. Ternyata salah pisau hehe....Selesai  dipoto saya coba potong menggunakan pisau biasa dan alhamdulillah bisa mulus. Ketauan dodolnya nih hihi....Loyang asli menggunakan loaf ukuran 10x20cm, tapi saya ganti dengan loyang ring/tulban dengan tujuan jika dipotong hasilnya banyak. Ini sih pengiritan judulnya....



Brownie Butter Cake
Sumber : Rasa Malaysia

Bahan brownie :
140 gr coklat batang warna gelap/Dark Cooking Chocolate (DCC), cincang kecil-kecil
50 gr mentega
50 gr brown sugar (saya nggak punya dan diganti dengan gula palem)
1 butir telur utuh
35 gr tepung terigu serbaguna

Bahan butter cake :
120 gr mentega
100 gr gula pasir
2 butir telur utuh
120 gr tepung terigu serbaguna
¼ sdt baking powder
50 ml susu cair

Cara membuat :

  1. Brownie :  lelehkan DCC dan mentega dengan cara ditim (double boiler). Angkat dan tuang ke dalam wadah besar. Dinginkan. 
  2. Siapkan loyang tulban diameter 16 cm, alasi kertas roti dan olesi margarin, sisihkan. Panaskan oven dengan suhu 180°C.
  3. Setelah DCC dingin masukkan brown sugar dan telur, aduk rata menggunakan whisker. Menyusul terigu dan aduk rata kembali. Tuang ke dalam loyang dan panggang selama 10-15 menit. 
  4. Butter cake : Kocok mentega dan gula menggunakan mixer sampai pucat warnanya. Masukkan telur dan kocok dengan mixer speed rendah sampai rata. 
  5. Masukkan terigu dan baking powder berselang-seling dengan susu cair sampai rata. Adonan yang terbentuk sangat kental. 
  6. Keluarkan loyang dari oven. Tuang adonan putih ke atas brownie, ratakan permukaannya. Turunkan suhu oven 160°C. Panggang kembali selama 20-25 menit (saya selama 35 menit). Tusuk menggunakan lidi, jika dikeluarkan kelihatan bersih, artinya sudah matang.



6 komentar:

  1. q punya cashew butter dapet hadiah,cuma masih bingung dibuat apa hehehe....kepikiran juga buat butter cake,tp semua peralatan di rmah BAtam..kira2 kl di kocok pake garpu jadi g ya kuenya hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake garpu ? pegel kali ya kalo dikocok beneran sampe putih. Ntar lengannya jadi gede sebelah, hihi...

      Hapus
  2. Wuihh..tampak endeus ini mba..
    Itu adonan butter cakenya dituang pas brownies baru keluar dari oven ya? Ato tunggu dingin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. embeeerrr enak pol deh hihi...
      adonan brownienya dipanggang setengah mateng, selagi panas langsung dituangi adonan putih trus dioven lagi.

      Hapus
  3. Wa'alaykumussalam warahmatullah.. Mb Rina lg males ngeblog ya? Baca di komentarnya JTT ada Mb Rina, tp blognya ga da post baru, yaah pdhl Dapur Manis aku bookmark lho Mb, pas dibawah blognya Mb Endang lg. He

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaaahhh terimakasih sudah datang ke blog ini dan menjadikan DapurManis bookmark dibawah JTTnya mb Endang. Masuk kategori favorit dong yah hihi.....memang betul mood ngeblog sangat menurun. Jenuh kali saya. Sudah berlang kali baking cooking resep baru tapi kok males motret. Imbasnya ya ogah ngeblog hihi....Doain yah biar semangat lagi

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.