Laman

Sabtu, 10 Mei 2014

Perkedel Tahu Kacang Tholo

Assalamualaykum


Jangan bosen kalo saya update tahu tempe ya. Makanan favorit di rumah terutama untuk lauk ya tahu tempe karena pada doyan diolah apa aja, apalagi jika digoreng.
Dulu saya pernah posting Perkedel Tahu Kacang Merah yang laris banget di rumah. Sekarang saya ulangi lagi bikinnya karena kangen dengan perkedel tahu. Sebagai variasai diberi kacang tholo rebus yang ditumbuk kasar. Jika ketemu kacang tholo dan akan mengolahnya, kacang ini saya perlakukan sama dengan kacang ijo yaitu direndam air semalam dan keesokan harinya direbus sampai empuk. Insya Allah kacang tholo akan cepet empuk deh. Begitu juga dengan kacang merah kering. Jadi caranya kita merebus air cukup banyak di dalam panci sampai mendidih kemudian masukkan kacang merah/tholo/ijo sampai terendam air dan tutup pancinya. Jika belum terendam tambahkan air panas dan didihkan kembali kemudian matikan apinya. Biarkan semalam. Besok pagi rebuslah kacang tanpa mengganti airnya. Khusus kacang merah sedikit lebih lama waktu merebusnya karena ukurannya yang lebih besar. Setelah itu udah deh, si kacang siap diolah apa saja. Gampang kan. Nah karena sudah tau caranya sekarang bikin perkedelnya yuk. Enak ini. Perkedel tahu gurih ditimpali dengan kacang tholo yang renyah klethis-klethis. Pas buat lauk atau dicemil begitu aja.

Perkedel Tahu Kacang Tholo
Sumber : Perkedel Tahu Kacang Merah
Modif : Rina Audie

Bahan :
  • 350 gr tahu putih
  • 75 gr kacang tholo, rebus sampai empuk
  • 2 sdm tepung tapioka/aci/kanji
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1/2-1 sdt garam halus
  • Minyak goreng

Bumbu halus :
  • 2 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 2 butir kemiri

Cara membuat :
  1. Haluskan tahu kemudian bungkus dengan serbet, peras sampai airnya habis, sisihkan. Uleg kasar kacang tholo.
  2. Dalam sebuah wadah besar campur tahu halus, kacang tholo, tapioka, daun bawang, garam dan bumbu halus. Aduk sampai rata. Cek rasanya. Bentuk bulat-bulat pipih seperti perkedel.
  3. Panaskan minyak goreng, goreng perkedel tahu menggunakan api sedang sampai kuning kecoklatan. Cukup dibalik sekali, setelah kering kedua sisinya diangkat dan tiriskan.


6 komentar:

  1. wah jd ingt..dlu ibunya temenku sukanya bikin perkedel tholo tp g pake tahu hehe....kbayang klenthis2e mbk hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo perkedel tholo dibuat dari apa ? Singkong ya ? Kalo iya pake singkong, aku nyebutnya lentho.

      Hapus
  2. Oooohhh kcg tholo tu begitu..?
    Kl d sini mah d sebutnya kcg tunggak mba.,...

    ada yg njual d bungkusin rasanya enaaaak bgt deh... kcgnya d goreng trs ada rasa gurih pedes gt... hmmm....

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya ada yang nyebut kacang tunggak. Bener bu gulu.
      Kalo kacang tholo goreng belum pernah makan. Punya resepnya ? Sharing dong biar aku contek...

      Hapus
  3. Assalam Rina,
    kacang tholo kalau disini kacang dhal ke?..
    selalu kita buat masak lauk dhal lemak telur atau masak dalca..
    kalau macam ni kita panggil masalodeh, makanan orang India..
    sedap dibuat snacking..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kacang dhal ? aku belum pernah liat apa itu kacang dhal.
      Kacang tholo ini warnanya coklat. Bijinya sebesar biji kacang hijau. Kacang ini sangat familiar di Pulau Jawa. Mungkin saja beda nama ya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.