Halaman

Selasa, 13 Mei 2014

Oseng Tempe Semangit Kacang Panjang dan Tauge Kedelai

Assalamualaykum


Beberapa hari belakangan ini saya agak males terjun ke dapur. Nggak tau kenapa moodnya mendadak hilang. Padahal sudah beli tempe satu papan.
Akhirnya tempe itu cuma ngendon di dapur selama 3 hari. Tau sendiri kalo tempe didiamkan saja lama-lama jadi semangit kan. Langsung mikir mau dibuat sambel tumpang. Tapi karena baru satu minggu yang lalu bikin sambel tumpang akhirnya saya bikin oseng saja. Jika bikin oseng tempe semangit, saya jadi ingat dengan kakak ipar saya yang di Solo, mbak Lis. Mbak Lis tuh jago masak. Ini disebabkan ketika ibunya dulu masih aktif mengajar, di rumah beliau sering sekali diadakan acara pertemuan guru-guru. Dan mbak Lis biasanya dapat tugas masak-masak untuk suguhan tamu. Masaknya tergolong masakan besar alias menu utama yang terdiri dari nasi dan lauk pauknya. Nggak heran kalo mbak Lis akhirnya mahir masak. Beda dengan saya yang seneng bikin kue tapi nggak pintar masak. Resep oseng tempe semangit ini saya dapat dari mbak Lis. Sebenarnya ini masakan yang familiar banget di Solo karena tiap pagi pasti ada yang jual nasi dan lauk pauk untuk sarapan. Dan salah satu menunya ada oseng tempe semangit. Nggak kepikir lho jika oseng tempe yang enak, yang sering saya nikmati berasal dari tempe semangit. Salah satu wejangan (pesan) yang saya ingat dari mb Lis adalah "oseng ini pake gula merah ya bukan pake kecap". Mak jleb deh. Pantes saja kalo bikin oseng rasanya beda. Kebiasaan sih kalo bikin oseng pasti pake kecap. Dan kemarin kesampaian juga bikin oseng tempe semangit setelah hampir 7 tahun tinggal di Ciledug. Resepnya mudah dan murah kok karena bisa didapat dari tukang sayur. Proses bikin juga sama seperti oseng pada umumnya. Yang pasti, oseng ini dominan manis ya. Dan manisnya bukan manis jambu (samar-samar) tapi manis yang mantap jika dinikmati lidah. Tujuannya untuk mengimbangi rasa dan aroma si semangit ini ya. Pokoknya Jawa banget deh.  Setelah matang tunggu dingin dulu baru dinikmati. Jika masih panas kadang aroma tempe semangit masih tercium. Bagi yang tidak suka bisa terganggu acara makannya. Jadi bisa dimasak pagi hari kemudian sajikan waktu makan siang. Enak lho... Oseng tempe ini konon lebih sip jika sudah menginap karena bumbunya sudah meresap.

Bahan :
1 papan (300 gr) tempe semangit
5 lonjor kacang panjang, potong 2 cm
75 gr tauge kedelai, rendam air panas 15 menit, tiriskan
sepotong lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
2 sdm gula merah sisir
1/2 sdt garam
100-150 ml air

Bumbu iris tipis :
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 bh cabe merah besar
2 bh cabe ijo besar

Cara membuat :
  1. Potong tempe semangit bentuk korek api. Goreng sampai matang dan kering. Angkat dan tiriskan.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai wangi, menyusul cabe merah, cabe ijo, daun salam dan lengkuas.
  3. Masukkan air, garam dan gula. Masak sampai mendidih dan gula larut.
  4. Masukkan tempe goreng dan aduk rata. Koreksi rasanya. Biarkan air diserap oleh tempe.
  5. Terakhir masukkan kacang panjang dan tauge kedelai dan masak sampai meresap dan air mengering. Jika air mengering tapi bumbu belum meresap, boleh ditambah sedikit air. Angkat dan dinginkan.


8 komentar:

  1. enakkk...apalagi di buat pedes....cucok di santap saat musim hujan kyk sekarang mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. loh pernah makan to kok bilang enak. Tapi buatanku ini masih kalah enak dengan bikinan kakak ipar. Pokoknya bumbu tuh bisa medok banget alias meresap dan terasa kuat.

      Hapus
  2. Kebetulan aku suka masak juga dari semenjak kecil suka nimrungin ibu di dapur jadi sekarang jadi suka masak,,, kalau masalah tumis menumis si sudah tidak diragukan lagi sementara disini banyak menu masakan yang belum aku coba,,, sepertinya layak untuk di coba karna kelihatannya Enak enak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba saja. Bagi yang suka tempe semangit insya Allah enak deh. Tapi kalo nggak suka jangan dipaksakan ya, heheheee....

      Hapus
  3. di rumah sering mbikin tuh tumis tempe semangit hehee :D apalagi klo ada sisa2 bahan di kulkas di buat jangan oblok-oblok :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. laaahhh...enak itu oblok-oblok tempe semangit. Apalagi pake nginep, hadeeehhhh....bubar dietnya...

      Hapus
  4. Kalau di tempat sy sering dengar istilah tempe bosok. Mungkin maksudnya si tempe semangit ini kali ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempe semangit ini calon tempe bosok mbak hehe....kalo tempe bosok lebih lama lagi nyimpennya. Warnanya juga beda. Kalo semangit sedikit kecoklatan. Warna coklat tidak merata. Kalo tempe bosok udah coklat semua warna tempenya.

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.