Laman

Selasa, 08 April 2014

Tempe Mendoan Bumbu Rebon

Assalamualaykum


Tempo hari setelah bikin bakwan bayam sekarang bikin tempe mendoan. Cukup lama saya nggak bikin mendoan.
Orang rumah sudah tanya kapan saya bikin lagi. Dan kemarin pas ke pasar sekalian saya beli tempe agak besar untuk dibuat tempe mendoan. Kali ini saya mencoba pake sedikit rebon di dalam adonan tepungnya. Setelah matang dan dicicip ternyata enak tuh. Tambah gurih. Saya pake sedikit aja karena rebon hanya berfungsi sebagai penyedap. Dan rasa rebon yang samar-samar ini malah jadi 'sesuatu' yang nikmat ketika digigit.

Bahan :
300 gr tempe, iris tipis
100 ml air untuk rendaman
175 gr terigu
225-250 ml air
1 batang daun bawang, iris halus
2 sdm munjung rebon/rese/udang kering, cuci bersih
minyak goreng yang cukup banyak

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/4 sdt merica
3 butir kemiri
2 cm kunyit
garam secukupnya

Cara membuat :
1. Setelah bumbu dihaluskan ambil +- 1/3 bagian dan campur dengan 100 ml air. Masukkan tempe yang telah diiris tipis, rendam selama10-15 menit.
2. Dalam sebuah mangkok yang agak besar, campur sisa bumbu halus dan terigu, tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, sampai kekentalan yang diinginkan. Masukkan daun bawang dan rebon. Koreksi rasanya.
3. Panaskan minyak yang cukup banyak. Celupkan tempe ke dalam adonan terigu, goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai matang. Sajikan hangat bersama cabe rawit.

2 komentar:

  1. wewwwww.....sama kita mbak... tadi menunya juga tempe dan tahu mendoan...
    sama tumis kangkung,,,hihi...efek ajaran FC mb rina nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...syukur kalo udah kena racunku. Itu tumis kangkung bikin ngiler deh...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.