Laman

Kamis, 10 April 2014

Scone Kismis Pisang dan Choco Chips

Assalamualaykum


Salah satu daftar lama dari blognya mb Endang JTT yang kemarin baru saya eksekusi. Resep yang mudah dan bahan yang gampang membuat saya tertarik membuatnya.
Kebetulan di rumah ada stok pisang ambon dan saya masukkan sekalian. Proses bikinnya gampang banget kok apalagi mb Endang sudah menyertakan step by stepnya. Tidak ada kesulitan yang berarti ketika membentuk dan memotong adonan scone ini. Hanya cukup menambahkan terigu saja jika dirasa lengket. Pisau pemotong juga perlu ditaburi tepung supaya memudahkan kita bekerja. Setelah matang saya mendapatkan hasil kue yang garing di luar dan lembut di dalam. Apalagi kalo pas kegigit isinya, ih enak deh. Paling oke jika dinikmati selagi hangat hmmmm...wangi. Tips supaya nggak keras, adonan jangan diuleni terlalu lama dan gunakan suhu tinggi ketika dioven supaya kue bisa kering di luar tapi masih lembut di dalam.


Scone Kismis Pisang dan Choco Chips
Sumber : Mb Endang  JTT
Modif : Rina Audie

Bahan :
260 gr terigu serbaguna
50 gr gula pasir
1,5 sdt baking powder double acting (saya pake 1 sdt)
1/2 sdt garam halus
113 gr mentega beku, potong dadu
50 gr kismis, rendam air hangat kemudian diperas
50 gr choco chips
100 gr (2 bh) pisang ambon, potong dadu
160-180 ml homemade buttermilk (180 ml susu cair hangat + 1 sdm air jeruk nipis/lemon)
1 sdm susu cair untuk olesan

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang kue kering, alasi kertas roti dan olesi mentega. Panaskan oven dengan suhu 200°C.
  2. Dalam sebuah wadah besar campur terigu, gula pasir, baking powder dan garam halus, aduk rata. Masukkan mentega beku dan aduk menggunakan garpu sampai berbutir-butir seukuran jagung.
  3. Masukkan kismis, choco chips dan pisang, tuangi buttermilk dan biarkan sebentar agar diserap tepung. Aduk menggunakan jari hingga terbentuk adonan yang kasar dan menggumpal.
  4. Siapkan meja kerja dan taburi terigu. Tuang adonan scone di atasnya, uleni adonan sebentar supaya lebih kompak dan agak padat. Bulatkan kemudian tipiskan dengan bentuk bulatan diameter 18 cm.
  5. Potong adonan jadi 8 bagian (saya 10 bagian) dan letakkan di atas loyang. Olesi dengan susu cair.
  6. Panggang dalam oven selama 15-20 menit hingga permukaannya berubah warna dan agak kering. Lakukan tes tusuk. Angkat dan sajkan hangat.


8 komentar:

  1. Lama g silaturahmi kesini...kriuk kriuk...menggoda iman...simpan dlu bt futhur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiyaaa....bu gulu apa kabar ? *cipika-cipiki bolak balik sampe peyot* emang iya luarnya garing agak kriuk tapi dalamnya moist dan lembut.
      Sekarang udah jam 6 sore lewat, met buka puasa say....

      Hapus
  2. Balasan
    1. tul zila enak ni dinikmati bareng teh atau kopi...

      Hapus
  3. Terasa sudah ni, ingin dicoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo dicoba, scone ini enak lho....

      Hapus
  4. wahhhhh.... mb rina udh nyobain....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo nyusuuuulll...kapan mau nyobain ?

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.