Halaman

Rabu, 30 April 2014

Tahu Kukus Pedas

Assalamualaykum


Sebenarnya ini pekerjaan iseng untuk memanfaatkan cetakan putu ayu biar nggak nganggur lama-lama. Tapi seperti biasa pake acara bingung dulu mau bikin apa karena mood bikin kue rada meredup.
Setelah mengelilingi gerobak tukang sayur sebanyak 7 keliling *lebay* sambil melihat aneka sayur dan lauk, akhirnya tangan saya nyomot sebungkus tahu putih. Ya saya cuma beli tahu doang meski pake ritual mengelilingi gerobak dulu. Sedang bahan yang lain masih ada di kulkas. Tahu ini mirip dengan resep perkedel atau nugget. Setelah tahu dihancurkan kemudian diberi bumbu halus dan telur, dicetak kemudian dikukus. Jika ingin digoreng dinginkan tahu terlebih dahulu kemudian dicelupkan dalam telur kocok, baru deh digoreng. Berhubung kali ini ingin lauk sehat *cieeehhh* cukup pake tahu kukus aja.


Bahan :
350 gr tahu putih
1 butir telur
1 batang daun bawang, iris tipis
garam, gula dan merica secukupnya

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 bh cabe merah besar
2 bh cabe merah keriting
3 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
  1. Bungkus tahu dalam kain/serbet bersih kemudian beri pemberat (saya pake cobek dan ulegan) supaya airnya tiris (+- 2 jam)
  2. Olesi cetakan putu ayu dengan minyak dan panaskan kukusan.
  3. Taruh tahu dalam wadah besar dan haluskan. Campur tahu halus, telur, daun bawang dan bumbu halus. Beri garam, gula dan merica. Jika suka beri kaldu bubuk/penyedap rata. Aduk rata.
  4. Masukkan dalam cetakan sampai penuh kemudian kukus selama 35 menit. Keluarkan dari kukusan dan sajikan hangat.
 

6 komentar:

  1. digoreng enak bgttttt.....mbkku sering dpt pesenan tahu kukus goreng soalnya..diceklus pake cabe..sluuurpptttt huh hah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi emang lebih enak digoreng. Lebih gurih...

      Hapus
  2. cie... cie... udah maen yg pedes-pedes melulu nih....?

    kalo aku kadang dikasih sedikit parutan kelapa yg sedang mba, terus digoreng deh... kalo ngga ada ya dikasih telur puyuh di tengahnya (tentu bukan pake cetakan yg tengahnya bolong ya...^^)

    enak digadoin aja deh kalo tahu ini mah... hehehe...
    (hemat nasi.com)
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh bu gulu, nyobain yang pedes udah kuat apa belum, alhmadulillah nggak papa. Tapi setelah itu dikurangi, takut efeknya, hehehe...
      betul lebih enak digado daripada pake nasi...

      Hapus
  3. minggu ini si emak juga menunya tahu tempe mulu mbak...
    nih..muka aye udah mirip tahu... hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...ra popo sering makan tahu tempe. Di kulkasku tuh hampir tiap hari ada tahu tempe lho....

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.