Halaman

Sabtu, 26 April 2014

Sambel Goreng Tahu Tempe dan Teri

Assalamualaykum


Perasaaan saya kok nggak bosen makan sambel goreng ya. Mau dicemplungi bahan apa saja di lidah selalu terasa enak. Ketauan deh kalo lidahnya Jawa banget.
Kali ini saya bikin sambel goreng tahu tempe. Bumbu dan masaknya sih seperti biasa hanya saya tambahi teri tawar yang sudah digoreng. Iseng aja pingin tau rasanya seperti apa. Dan ternyata enak. Tanpa disangka teri menyumbang rasa gurih dan lezat pada sambel goreng. Saya masaknya kemarin sehabis subuh dan begitu matang langsung dimakan anak saya sebagai sarapan. Sambel goreng gini sebenarnya lebih enak jika sudah menginap, karena bumbu terasa lebih meresap ke dalam tahu dan tempenya.

Bahan :
150 gr tempe, dipotong dadu
50 gr teri tawar
8 bh tahu goreng segitiga, potong sesuai selera
2 cm laos/lengkuas, memarkan
3 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1 sdt garam
2 sdt gula merah

Bumbu halus :
5 buah cabe merah besar
3 bh cabe merah keriting
3 cm kunyit
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 sdt ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk

Cara membuat :
  1. Goreng tempe dan teri secara terpisah sampai matang
  2. Panaskan 2 sdm minyak goreng bersih, tumis laos, daun jeruk dan daun salam sampai wangi. Masukkan bumbu halus dan tumis sampai matang dan agak kering.
  3. Masukkan tahu dan tempe, tuangi santan. Beri garam dan gula, masak sampai mendidih. Koreksi rasanya. Jika suka boleh diberi kaldu bubuk atau penyedap rasa.
  4. Terakhir masukkan teri goreng, masak sebentar dan angkat dari api.


10 komentar:

  1. baru tau ada sambel goreng berkuah hehe,biasanya q bikinnya yang kering kalo nggak yang kuahnya cemek2 gitu hehe...sluurppttt,lumayan ngiler nih,pas maksi pula ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. justru aku lebih sering bikin yang berkuah. Kalo diguyurin di atas nasi, slruupphh sedepp...

      Hapus
  2. Hmmm....tahu dan tempe mmg gak ada matinya ya, mb, utk diolah berbagai macam. Aku jg suka sambel goreng tahu gini, apalagi dikasih tholo dan krecek, wah ngabisin nasi, gagal diet wis, hihihi...
    -ida-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tuh tholo dan krecek emang bahan favorit buat sambel goreng. Masakan bersantan gini kalo dah nginep tambah sedep. Itu yang bikin gagal diet, hihi...

      Hapus
  3. Aduh mba.... kasian atuh tetangganya subuh2 udah bersin2 bau masakan pedas....

    Hahahaha....
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bialin bu gulu. Eike malah ngajakin bangun subuh biar pada rajin, hihi...

      Hapus
  4. petenya manaaaaaaaaaa...... ??? ehehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pete mihil makanya nggak pake. Lagian aku nggak doyan tapi malah kebagian baunya, hihi....

      Hapus
  5. seneng bangeet ketemu blog ini, resepnya sesuai kemauan sy.. hihihi... makasih ya mbaak...:-)

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.