Halaman

Senin, 28 April 2014

Banana Cinnamon Bun Coffee Cake

Assalamualaykum


Karena saya masih ada pisang uli di dapur akhirnya browsing resep dan ketemu di Baking Bites. Ketika resepnya dibaca langsung kepingin bikin.
Setelah ceki ceki bahan ternyata gula palemnya habis. Segera liat stok gula merah dan ternyata ada. Jadi gula palemnya saya ganti gula merah aja. Proses bikinnya juga nggak ribet cuma cemplang cemplung dan aduk aduk aja. Bahan pengembangnya memakai ragi instan bukan baking powder atau baking soda. Menurut saya ragi membuat tekstur cake jadi lebih empuk. Dan setelah dicicip teksturnya gabungan antara cake dan roti. Penggunaan pisang juga saya beri agak banyak seberat 275 gr. Resep asli menggunakan ragi kering (gist) sebanyak 4 sdt. berhubung saya hanya punya ragi instant, pemakaian dikurangi hingga setengahnya. Jika memakai ragi instant sesuai takaran asli, kuenya akan beraroma ragi atau malah membuat asam karena over dosis. Glaze/olesan dalam resep tidak saya buat karena saya ogah jika kuenya terlalu manis. Cukup pake toping saja yang berbentuk crumb atau streusel. Untuk topingnya iseng saya tambahi terigu dan sebagai akibatnya toping tidak tenggelam ke dalam adonan dan tetep nempel di permukaan. Paduan pisang dan kayumanis menurut saya membuat aroma kue ini sangat kuat dan eksotis. Tau sendiri kan kalo kayumanis dimasukkan dalam adonan pisang, apel atau nanas hasilnya selalu wangi deh.


Banana Cinnamon Bun Coffee Cake
Sumber : Baking Bites
Modif : Rina Audie

Bahan cake :
2 sdt ragi instan
1/2 sdt gula pasir
60 ml susu cair hangat
170 gr terigu serbaguna
80 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt kayumanis bubuk
1/4 sdt pala bubuk/parut
1/2 sdt vanili bubuk
275 gr pisang uli, haluskan kasar menggunakan garpu
3 sdm minyak goreng
1 butir telur

Bahan filling/toping :
3 sdm mentega
75 gr gula palem (saya pake gula merah yang diparut kasar)
2 sdm terigu serbaguna (saya pake 4 sdm)
1 sdt kayumanis bubuk
1/4 sdt pala parut/bubuk
1/4 sdt garam


Cara membuat :
  1. Siapkan loyang ukuran 20x20x5 cm alasi kertas roti dengan melebihkan bagian sisinya supaya mudah mengeluarkan dari loyang. Olesi mentega, sisihkan.
  2. Dalam sebuah mangkuk campur ragi instant, gula pasir dan susu hangat biarkan selama 5 menit supaya berbuih.
  3. Dalam wadah yang besar campur terigu, gula pasir, garam, kayu manis, pala bubuk dan vanili aduk rata. Masukkan berturut-turut pisang halus, larutan ragi, minyak dan telur, aduk sampai rata. Adonan yang terbentuk kental dan pekat. 
  4. Tuang ke dalam loyang, ratakan. Diamkan selama 15 menit supaya sedikit mengembang.
  5. Sementara itu kita buat topingnya. Campur semua bahan kemudian aduk menggunakan garpu sampai berbutir-butir seperti pasir. Taburkan toping ke atas adonan pisang. Tekan-tekan supaya toping melekat di permukaan adonan. Diamkan lagi selama 20 menit.
  6. Panaskan oven dengan suhu 180°C. Panggang adonan selama 30 menit sampai matang (bisa dilihat dari sisinya yang kecoklatan dan jika disentuh permukaannya membal). Keluarkan dari oven dan dinginkan.

14 komentar:

  1. Mana kopi mqna kopiiii......dinikmati sm kopi enak juga nih mbk..keren bingit sih bisa bikin cakkkkeeeeeee mulu..lempar ke siaklah mbk huehue

    BalasHapus
    Balasan
    1. *sodorin secangkir kopi* bikin cake itu gampang bu guru. Resep ini cuma ublek ublek aja pake spatula nggak perlu mixer kemudian dipanggang sampai mateng. Dah kelar deh....Ayo tetanggaan denganku ntar aku kasih icip-icip....

      Hapus
  2. Assalam Rina,
    wah coffee cake ni buat minum petang dengan tea o kurang manis enak ni!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaykumsalam...
      iya betul buat teman ngopi atau teh pas banget,,,,

      Hapus
  3. Hmmm,,,,
    enaknya cake pisang ini,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup. enak dan wangi kuenya..
      btw baru keliatan nih setelah lama nggak main ke sini...

      Hapus
  4. Hey... hey... itu cakenya udah d potongin... jd gmpang deh nyomotnya...

    Qiqiqiqi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh boleh. Ambil aja bu gulu. Mau berapa potong tinggal ambil aja....

      Hapus
  5. wuih mba liat resepnya ak jadi ngk sabaran pengen pulang, mau nyobain bikin kayaknya enak banget .... ijin copas ya mba :) thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. wokeh mb Sashy. Met bikin ya...

      Hapus
    2. mau coba resep ini tp yg ada d rmh hanya pisang kepok... bisa g mbak

      Hapus
    3. pisang apa saja bisa kok asal sudah matang dan manis ya

      Hapus
    4. Ini resep favoritku mba sukaaa deh dg resep2 yg ada di blognya mb rina tks mba sdh byk resep yg sdh sy coba

      Hapus
    5. senengnya kalo resep yang ada di sini dbanyak yang disukai. met baking baking lagi yah...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.