Halaman

Jumat, 25 April 2014

Cake Puding Karamel

Assalamualaykum


Dua tahun lalu ketika saya browsing dan tanpa sengaja kesasar ke blog Malaysia milik kak Azlita Aziz. Seketika langsung terpikat dengan picnya yang sungguh indah dan sangat berseni.
Saat itu juga saya ubek-ubek blognya dan terbacalah Cake Karamel. Selain pic yang indah kue ini juga dahsyat rasanya. Kata kak Ita jika durian adalah raja dari segala buah, maka cake ini adalah raja dari semua cake. Langsung terliur saya dibuatnya. Dari proses pembuatan, sedikit makan waktu tapi tidak sukar. Setelah saya baca berulangkali akhirnya saya memberanikan diri mencoba resepnya. Ketika sudah matang dan dicicip, masya Allah...amat sangat enak. Cake ini memadukan antara puding lembut dan cake yang ringan tapi agak padat, dan ditimpali dengan aroma karamel. Menurut saya penemu resep ini sangatlah hebat bisa membuat cake sperti ini. Setelah mencoba sekali ternyata saya dan orang rumah ketagihan dan dalam waktu 1,5 bulan saya pernah bikin sebanyak 8 kali, hihi...kemaruk deh. Tapi selalu habis tuh. Pada doyan banget !!!


Berbekal resep kak Ita saya selalu sukses bikin cake ini. Sekali waktu pernah bikin pake resep lain tapi malah bantat. Mungkin saya belum berjodoh dengan resep tersebut. Dan kemarin setelah absen 2 tahun, saya kembali membuatnya karena rindu. Ketika difoto, bapaknya anak-anak nanyain terus "udah selesai belum tuh ?". Beliau sudah kemecer ngicip kuenya karena setelah matang kue langsung masuk kulkas supaya padat. Untuk proses pembuatan silakan dilihat di Masam Manis. Kak Ita sudah menyertakan step by stepnya. Jika setelah membuat cake ini jadi ketagihan, jangan salahkan saya lho ya, hehehee....O ya saya membuat kuenya berwarna coklat saja tidak warna-warni karena ogah liat banyak cucian di dapur. Asli ini resep bikin cucian mangkok numpuk setinggi gunung. Tapi kalo udah nyicip, ilang tuh capeknya. Selain itu saya hanya menggunakan 4 butir telur saja dengan loyang ring sebagai cetakannya. Teruntuk kak Ita makasih banyak atas sharing resepnya. Karena dengan melihat step by stepnya membuat saya sukses membuat cake lezat nan sedap ini.


Cake Puding Karamel
Sumber : Kak Ita - Masam Manis
Modif : Rina Audie

Bahan karamel :
1 sdm munjung gula pasir

Bahan puding :
140 ml susu cair
50 gr gula kastor (gula pasir berbutir halus)
1 butir telur utuh
1/4 sdt vanili bubuk

Bahan Cake :
3 butir putih telur
1 sdt air jeruk lemon/nipis (aslinya pake cream of tar-tar)
1/4 sdt garam halus (tambahan dari saya)
50 gr gula halus, diayak supaya tidak bergerindil

90 ml susu cair
30 ml minyak goreng
3 butir kuning telur
50 gr gula kastor
1/2 sdt pasta coklat
90 gr terigu protein sedang
2/3 sdt baking powder
10 gr coklat bubuk

Cara membuat :
  1. Karamel : siapkan loyang bentuk ring/tulban diameter 16 cm biarkan kering tanpa dioles apapun. Taburkan gula pasir secara merata kemudian panaskan di atas api supaya menjadi karamel. Goyangkan supaya gula bisa merata juga. Jika sudah berwarna kecoklatan, angkat dari api dan sisihkan. Biarkan mengeras sementara kita membuat puding.
  2. Puding : Campur susu dan gula pasir dan kocok menggunakan garpu sampai gula larut. Masukkan telur dan vanili, aduk sampai rata. Dengan menggunakan saringan, tuang adonan susu ini di atas karamel yang telah beku. Buang ampasnya dan sisihkan.
  3. Cake : Panaskan oven dengan suhu 200°C. Siapkan loyang yang lebih besar dan air mendidih untuk steam bake. Dalam wadah bersih kocok putih telur, air jeruk lemon dan garam sampai berbuih. Masukkan gula halus sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai kaku dan mengkilat (soft peak). Sisihkan.
  4. Dalam wadah yang lain kocok susu, minyak dan kuning telur sampai putih, kental dan mengembang. Masukkan gula kastor, kocok sampai gula larut. Menyusul pasta coklat dan kocok rata. Matikan mixer.
  5. Masukkan campuran terigu, baking powder dan coklat bubuk dengan cara diayak. Aduk balik hingga rata. 
  6. Masukkan kocokan putih telur dalam 3 tahap, aduk balik sampai rata. Dengan menggunakan sendok sayur tuang adonan cake perlahan-lahan di atas puding cair. Pelan-pelan ya supaya adonan cake tidak bercampur dengan pudingnya. Lakukan sampai adonan habis.
  7. Ambil loyang ukuran besar dan isi dengan air mendidih, letakkan loyang berisi adonan diatasnya. Masukkan dalam oven dan panggang sampai kue terlihat naik, ±selama 10 menit. Setelah 10 menit turunkan suhu menjadi 180°C. Lanjutkan memanggang selama 45-50 menit. Lakukan test tusuk untuk mengetes tingkat kematangannya (nusuknya tidak perlu sampai ke dasar loyang supaya puding tidak berlubang).
  8. Setelah matang matikan oven dan biarkan kue didalamnya selama 15-20 menit. Permukaan kue akan rata dan sisinya akan merenggang. Keluarkan dari oven. Jika tidak merenggang, kikis pelan menggunakan pisau tajam. Selagi panas balik di atas piring. Jika air karamel meleleh, segera lap menggunakan tisu bersih. Setelah dingin masukkan kulkas supaya padat.


10 komentar:

  1. puding caramel aja udah enak yah apalagi di tambah cak pasti enak bingiiit eheheh ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini cake bener lho may enak bingits. Rencana pingin bikin lagi wong tempo hari pada kurang, hihi...

      Hapus
  2. udah aku catet lama resepnya,,,, tapi,,,, tapi,,,, tau sendiri mbak,,hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...kalo kelamaan nggak segera dibikin ntar nyesel lho.....

      Hapus
  3. trus untuk bagian ini
    Cake : Panaskan oven dengan suhu 200°C. Siapkan loyang yang lebih besar dan air mendidih untuk steam bake. Dalam wadah bersih kocok putih telur, air jeruk lemon dan garam sampai berbuih. Masukkan gula halus sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai kaku dan mengkilat (soft peak). Sisihkan.
    > koq aq blm paham setelah di sisihkan trus d apakan y mb',..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiyaaaa....kelupaan satu langkah. Putih telurnya dimasukkan ke dalam adonan tepung ya. Step di atas sudah diedit. Makasih banyak tuk koreksinya....

      Hapus
  4. Pengeen Mbaak.... Tapi males mbikin... Hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...selain proses bikinnya yang agak ribet, yang bikin males cuciannya um. Bener deh kalo dibuat warna-warni liat mangkok di bak cuci mesti ogah bikin lagi, hihi....
      kalo deketan tak kirimi deh....

      Hapus
  5. Dari baca resepnya,udah kebayang cuciannya duluan. Minta dibungkusin yang udh jadi aja deh sama mb Rina. Berasa tetanggaan*pdhl mah jauuuh.hihi. Numpang mupeng*

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang iya cuciannya buanyak. Sebenarnya pingin bikin lagi tapi kok masih awang-awangen kalo ingat cuciannya, hihi...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.