Laman

Kamis, 24 April 2014

Ikan Cuwe Masak Santan dan Cabe Ijo

Assalamualaykum


Sharing tentang lauk terkadang nggak ada habisnya ya. Dikasih bumbu beda sedikit saja rasanya juga berubah.
Kali ini saya masak ikan cuwe yang dimasak pake santan dan cabe ijo. Ikan cuwe yang disebut juga pindang keranjang merupakan salah satu lauk murah meriah tapi enak banget. Jika makan ikan ini bisa deh ngabisin nasi sebakul. Biasanya kalo di rumah selalu digoreng aja kemudian ditemani sambel tomat atau sambel kecap, wuah....nasinya bisa nambah mulu. Dua hari yang lalu bapaknya anak-anak beli ikan cuwe untuk kucing di rumah. Kebetulan di rumah punya 4 ekor kucing piaraan favorit bapaknya. Kucing kampung tapi ya, bukan kucing angora atau jenis lain (masak kucing keren dikasih makan nasi dan cuwe sih, hihi....). Sekembalinya dari pasar lha kok nenteng cuwe lumayan banyak. Kalo gini saya masak aja sebagian biar cepet habis karena kalo terlalu lama cuwe jadi nggak enak dan kucingnya males makan (bisa-bisanya ya si kucing ngerasain ikan enak apa kagak). Dan sekarang cuwe ini saya masak pake santan dan cabe ijo biar sedep. Bahan utamanya gampang kok cuma ikan cuwe, cabe ijo dan santan. Kebetulan di kulkas ada tomat ijo kecil, saya masukin sekalian biar ada rasa sedikit asem seger. Tips agar ikan nggak pait, bersihkan dulu insang dan isi perutnya sampai bersih. Kalo pait kan nggak enak dimakan, ntar kuahnya ikutan pait juga. Tapi hati-hati ya supaya ikan nggak hancur.

Bahan :
6 ekor ikan cuwe, bersihkan insang dan isi perutnya
2 cm lengkuas, memarkan
2 cm daun jeruk
2 lbr daun salam
2 bh tomat hijau ukuran kecil, potong kasar
150 ml santan dari 1/4 butir kelapa
garam, gula dan merica bubuk secukupnya

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
5 bh cabe ijo besar

Cara membuat :
  1. Setelah dicuci bersih, goreng cuwe sampai matang. Angkat, sisihkan.
  2. Panaskan sedikit minyak bersih di wajan, tumis bawang merah sampai harum, masukkan cabe ijo, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan tomat ijo.
  3. Setelah cabe menjadi layu masukkan santan, garam, gula dan merica, biarkan mendidih. Koreksi rasanya.
  4. Jika sudah pas masukkan cuwe goreng dan masak sampai meresap dan santan menyusut.


6 komentar:

  1. hehhe...sama kayak mamakku...
    sukanya ikan nya di sayur pake cabe rawit utuh gitu mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya to ? Lha bikin sedep kok kalo pake cabe utuh gitu. aku baru sekali bikin cuwe dimasak santan lho. Sebelumnya paling digoreng atau dikecapin doang. Alhamdulillah laku, pada nambah makan nasinya...

      Hapus
  2. aku lumayan suka ikan ini,biasanya sih ibuku cuma digoreng tepung basah aja terus sambel,kadang sama sayur lodeh,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tuh enak digoreng trus buat temen lodeh. Ih jadi ngiler padahal udah habis.

      Hapus
  3. Cabenya itu lho!! ga kuku, melihat manan yg tersaji di gambar aja dah buat ileran apalagi klo dah dimasak ya..:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...ayo bikin. Dimasak yang puedes pake cabe ijo keriting pasti lebih enak...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.