Halaman

Rabu, 19 Februari 2014

Sosis Tahu

Assalamualaykum


Bertahun tahun yang lalu saya ngincer resep ini. Tapi karena sering kemecer dengan resep yang berseliweran akhirnya jadi terlupakan.
Saya mendapat resep ini dari Tabloid KOKI. Judul aslinya Sosis Tahu Goreng dengan Saus Mayonaise. Panjang bener ya namanya. Bahkan saya sudah beli plastik es untuk mencetak sosisnya dan akhirnya si plastik teronggok begitu saja karena saya lebih memilih pake daun pisang sisa nasi bakar tempo hari. Tapi berhubung saya nggak pinter menggulungnya, alhasil sosisnya jadi gepeng, hehe....Sebelum digulung, daun pisangnya dioles minyak dulu supaya tidak lengket ketika dilepas. Kalo bisa dibilang sosis tahu ini mirip dengan nugget tahu hanya kemasannya yang berbeda. Sosis ini lumayan enak rasanya dan dari segi harga insya Allah lebih murah. Lagian homemade gitu lho. Setelah dikukus, sosisnya didinginkan dulu dalam kulkas supaya padat. Selanjutnya ditumis dengan sedikit minyak. Setelah dipotong sajikan bersama mayo dan saus tomat/sambal. Hmmm....yummy deh buat cemilan....


Sosis Tahu
Resep : Tabloid KOKI
Modif : Rina Audie

Bahan :
500 gr tahu putih
150 gr daging ayam, cincang halus (bisa diganti daging sapi/ikan)
100 gr tepung tapioka/aci/kanji
2 butir telur
1 batang daun bawang, iris halus
garam secukupnya
daun pisang dan lidi/steples
mayonaise + susu kental manis sedikit biar nggak terlalu asem
saus tomat/sambal

Bumbu halus :
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih
6 butir merica bulat

Cara membuat :
  1. Hancurkan tahu putih sampai halus kemudian campur dengan daging ayam, tapioka, telur, daun bawang, bumbu halus dan garam. Jika suka silakan tambah dengan kaldu bubuk atau penyedap rasa. Cicip rasanya. 
  2. Ambil selembar daun pisang, olesi sedikit minyak goreng, letakkan adonan tahu sebanyak +- 2 sdm, bentuk memanjang, kemudian gulung menyerupai lontong kecil berdiameter 1,5-2 cm. Semat kedua ujungnya dengan lidi/steples.
  3. Kukus dalam dandang panas selama 45 menit. Angkat dan dinginkan. Masukkan ke dalam kulkas supaya padat.
  4. Lepaskan daun pisangnya, kemudian panaskan sedikit minyak/margarin di atas wajan teflon. Goreng/tumis sosis tahu sampai kuning kecoklatan. Angkat.
  5. Potong-potong, sajikan dengan mayonaise dan saus tomat/sambal.
Note :
  1. Jika menggunakan plastik es, masukkan adonan tahu ke dalam piping bag kemudian semprotkan ke dalam plastik.
  2. Selain menggunakan plastik bisa menggunakan alumunium foil dan diolesi minyak goreng supaya tidak lengket ketika dibuka. Sebelum dikukus, lubangi plastik/alumunium foil menggunakan lidi/pisau berujung tajam supaya uap air bisa masuk sehingga adonan bisa matang.

6 komentar:

  1. aku juga sering buat mbak namanya pun sama sosis tempe tapi itu resep asal-asalan aku ehhehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahu tempe memang bisa dibuat apa saja ya may...

      Hapus
  2. Mau dooong.....

    Sllluuurrrrppphhh....

    Hehe...

    BalasHapus
  3. wahhh....mau mbak..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak lho iki. kalo longgar bikin gih...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.