Laman

Senin, 17 Februari 2014

Nasi Bakar Ati Ampela

Assalamualaykum


Nasi bakar ini saya sajikan pada hari Minggu kemarin. Agak bosen deh kalo setiap hari makan nasi gitu-gitu aja.
Jadi buat variasi, kali ini saya membuatnya apalagi sudah lama sekali nggak makan nasi bakar. Nasi bakar ini sangat mudah membuatnya. Hanya nasi yang diberi lauk tumisan ati ampela yang ditumis dengan wortel dan buncis kemudian diberi kemangi, dan dibungkus daun pisang. Selanjutnya dikukus kemudian dibakar sebentar. Aroma daun pisangnya itu lho yang bikin lain dari biasanya. Nasi yang saya gunakan kali ini adalah nasi gurih/nasi uduk. Jika di rumah ada teri nasi bisa digunakan juga lho. Goreng dulu terinya kemudian dicampur dengan nasi dan tumisannya. Jika suka boleh juga diselipi cabe rawit merah di dalam bungkusan nasinya. Tapi saya nggak pake biar nggak runtuh iman pingin makan pedes, hihi....

Bahan :
  • 200 gr beras cuci bersih
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 2 lbr daun pandan
  • garam secukupnya
  • 3 genggam daun kemangi 
  • Daun salam secukupnya
  • Cabe rawit merah secukupnya (saya nggak pake)
  • daun pisang dan lidi
 Bahan tumisan :
  • 3 pasang ati ampela
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih 
  • 1 bh wortel. potong dadu
  • 100 gr buncis, iris 1/2 cm
  • 1 sdm saus tiram
  • garam dan gula pasir secukupnya\
  • 50 ml air
Cara membuat :
  1. Didihkan santan, daun pandan dan garam. Masukkan beras kemudian dimasak sampai santan habis (diaron). Kukus selama 30 menit/sampai matang. Sisihkan.
  2. Rebus ati ampela sampai empuk, tiriskan kemudian potong dadu.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu dan wangi. Masukkan wortel dan buncis, masak sampai empuk.
  4. Masukkan ati ampela, beri saus tiram, gula dan garam. Jika suka bubuk kaldu dan penyedap, silakan ditambahkan. Tuangi air dan masak sampai kering. Angkat dari api
  5. Dalam wadah besar campur nasi, kemangi dan tumisan ati ampela, aduk rata.
  6. Ambil daun pisang, letakkan sepotong daun salam, beri campuran nasi. Selipkan 1-2 cabe rawit merah. Gulumg menyerupai lontong.
  7. Kukus sampai daun berubah warna selama 30 menit. Angkat, bakar sebentar di atas api dan sajikan.

12 komentar:

  1. enakkkkk.....ibuku sering buat ini mbk,apalagi kalo q pulang dan mau balik ke batam,dibikin ini,,nggak basi,sby-batam kan cuma 2 jam hehehe....enak memang,recomended bangetttt ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiknya dibuatin nasi bakar sama ibu. Pasti spesial tuh rasanya. Nggak pernah bosen ya kalo sama nasi bakar karena aromanya itu lho....

      Hapus
  2. Sekalian menghemat cucian piring....

    Bhahahahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tau aja nih bu gulu. Emang iya ngirit cucian piring, hihi....

      Hapus
  3. mb rina...salam kenal :)
    saya mau tanya kalau nasinya setelah dibungkus langsung dibakar apakah bisa mbak?
    terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga risa. Boleh kok langsung dibakar nggak perlu dikukus. Sesuai selera aja ya. Ini karena saya seneng aroma daun dikukus gitu.

      Hapus
  4. Mba,,,, kau mendengarkan suara hati ku ciyeeeh,,, dari kemarin pengen banget nyobain nasi bakar,,, tapi belum ketemu resep yang pas,,, pengen cobain ini aahh,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mb Tina dicobain. Nasi bakar bisa bikin nagih. Aroma daunnya itu lho, wangiiiiiii...

      Hapus
  5. enakkkk...kmrn buat utk tantangan IDFB

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini enak. Gara-gara IDFB itu jadi ingat kalo dah lama nggak makan nasi bakar. Masih blogging blue apa kagak nih ?

      Hapus
  6. Saya belum pernah mencoba dan bikin,,,Gimana rasanya,,,
    .
    .
    # dipojok dapur ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo belum pernah bikin artinya wajib untuk dieksekusi. Enak dong wong nasi gurih dikasih lauk ati ampela gitu. Plus wangi daun pisang. Glek...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.