Halaman

Rabu, 05 Februari 2014

Mi Kikil Kuah Soto

Assalamualaykum


Cuaca dingin seperti sekarang ini makan apalagi yang cocok selain yang berkuah dan panas. Salah satunya adalah soto.
Biasanya saya bikin soto ayam tapi kali ini saya ingin bikin soto dengan bahan utama kikil. Nggak sengaja sebenarnya ketika surfing ke Sajian Sedap dan nemu resep ini. Begitu tukang sayur datang langsung nyamber sebungkus kikil. Kikil yang dijual ini dalam bentuk lembaran/gulungan dan berwarna putih agak kusam. Secara tekstur sudah empuk sehingga ketika direbuspun tidak pake lama. Penyajian soto kikil ini didampingi dengan mi dan lontong. Tapi jika nggak ada, pake nasi aja juga enak. Resep di bawah ini sudah dimodif ya. Sajikan panas dengan disertai sambel rebus dan kucuran jeruk limau, hmmmm....

Bahan soto :
300 gram kikil
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
2 cm lengkuas, dimemarkan
1 batang serai, dimemarkan
1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
1 sendok makan garam
1 sendok teh gula pasir
200 ml air kaldu (bisa diganti dengan air dan kaldu bubuk)
700 ml santan encer dari 1/4 butir kelapa parut
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu halus:
4 siung bawang putih
8 butir bawang merah
4 butir kemiri, disangrai
1/2 sendok teh merica butir
1 sendok teh ketumbar sangrai
1/2 sdt jinten sangrai
2 cm kunyit
2 cm jahe

Pelengkap :
150 gram mi kering, direbus, ditiriskan
2 buah lontong
50 gram taoge, diseduh
3 lembar kol, diiris kasar, diseduh
1 bh tomat merah, dipotong dadu
daun seledri, diiris halus untuk taburan
bawang merah goreng untuk taburan
sambel rebus
jeruk limau

Cara membuat :
1. Rebus kikil dalam 1.000 ml air bersama 1 sendok teh garam, 2 lembar daun salam, 2 cm jahe, 1 batang serai, dan 3 lembar daun jeruk sampai matang dan empuk. Angkat dan tiriskan. Buang air rebusannya. Potong-potong kikil.
2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas, serai, dan daun bawang sampai harum.
3. Masukkan kikil, garam, dan gula pasir. Aduk rata. Tuang air kaldu. Masak sampai mendidih. Tambahkan santan encer. Masak sampai matang.
4. Sajikan mi, lontong, taoge, irisan kol dan tomat dalam mangkuk. Siram dengan kuah soto dan kikilnya. Taburkan daun seledri dan bawang goreng.

12 komentar:

  1. heumm,,,sluurppppttt,enak mbk anget2...lama saya nggak makan kikil,eh terakhir makan kikil tahun lalu ding pas pulkam tapi bakso kikil hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bakso kikil ? belum pernah makan nih. Jadi ngiler bayangin bakso kikil.
      ternyata soto kikil enak banget lho. Apalagi kuahnya udah diganti santan gini, tambah uenyak....

      Hapus
  2. Wah! enak sekali soto kikil...

    BalasHapus
    Balasan
    1. huwaaa.... akak bertandang ke sini. Terimakasih untuk komen manisnya.
      Iya ini soto terasa segar dan bikin hangat.

      Hapus
  3. aku suka kikil tapi sama ibuk ku gak boleh makan katanya kolestrol semua hahaha :D makanya gak pernah masak kikil padahal pengin >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...emang betul kok may, kikil ada kolesterolnya dan konon agak tinggi. Masak kikil juga sesekali aja. Anakku juga aku kasih tau biar nggak terlalu banyak makannya.
      Ayo may sesekali masak kikil biar nggak ngeces. Kalo ngeces, buntutnya bisa kalap tuh, hahahaaa....

      Hapus
  4. mie....nggak pernah nolak....
    tapi belum pernah ngerasa mie kikil mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan kapan nyobain deh kalo ketemu kikil sapi. Enak lho teksturnya kenyil kenyil....

      Hapus
  5. Aduhh sedap nie rin..klu zila suka kuahnya..letak byk2 baru sedapp

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul zila, kalo makan soto paling enak pake banyak kuah, slruuupphh....

      Hapus
  6. kikil itu kl di kampung sini namanya Cecek mba...

    (baca "e" = end)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo di solo cecek itu krupuk kulit/krecek buat sambel goreng. Kalo kikil ya kikil.
      Ayo bu gulu bikin soto cecek, enak lho...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.