Eggless Fruit Cake (Cake Buah Tanpa Telur)

Assalamualaykum


Satu lagi daftar kue yang dieksekusi. Eggless alias nggak pake telur dan nyontek dari blognya Dayang Jack.
Melihat picnya saja bikin ngiler apalagi kalo dah tau rasanya. Jika biasanya cake tanpa telur menggunakan cuka/air jeruk lemon/nipis, kali ini pake air jeruk manis. Kemudian diberi buah kering didalamnya. Saya pake kismis, cherry hijau dan sukade. Bisa dibayangkan rasa kue yang pake buah kering kan, manis-manis sedikit asem, hihi...Tapi asemnya nggak terlalu menonjol, ringan saja cenderung tidak berasa karena buah kering sudah diawetkan dalam bentuk manisan.

Dalam membuat cake tapa telur kuncinya ada pada bahan pengembang. Gunakan yang masih aktif dan jangan dikurangi takarannya. Untuk resep kuenya saya pake setengah dari aslinya yang menggunakan 360 gr terigu. Dan seperti biasa, resepnya sudah dimodif ya.


Bahan :
125 gr mentega (saya pake campuran 75 gr margarin dan 50 ml minyak sayur)
150 ml susu cair
85 gr gula pasir
1 sdm susu kental manis/madu
150 gr buah kering campur (saya pake kismis, cherry dan sukade)

200 gr terigu serbaguna
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
sejumput kayu manis bubuk
65 ml air jeruk manis (bisa diganti dengan sirup/bubuk jeruk dan air)

Cara membuat :
  1. Dalam sebuah panci campur jadi satu mentega, susu cair, gula pasir dan susu kental manis. Nyalakan api dan biarkan gula sampai larut. Matikan api dan masukkan buah kering. Tutup kemudian diamkan selama 4 jam atau semalam di suhu ruang.
  2. Siapkan loyang tulban/ring diameter 16 cm, alasi kertas roti dan olesi margarin. Panaskan oven dengan suhu 180°C.
  3. Dalam wadah besar ayak jadi satu terigu, baking powder, soda kue dan kayumanis bubuk. Tuangi dengan larutan susu dan buah kering, aduk menggunakan spatula/whisker sampai rata.
  4. Terakhir masukkan air jeruk, aduk kembali sampai rata.
  5. Tuangkan ke dalam loyang. Panggang selama 50-60 menit. Lakukan test tusuk.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

10 komentar

seger pastinya ini yaa mbak Rina.....

iya mb vero. Jadi buat selingan ketika digigit, nggak melulu kue aja, hehe...

rasanya cakenya jadi manis apa asem nih mbak?

Hello...
wah...pastinya enak banget kek buahnya...

Nyem nyem euy....tp potobgan jeruknya too much >_<

manis may. Kecuali kalo buah keringnya emang asem, biasanya tetep asem. Ini aku pake kismis agak asem, tetep aja kalo gigit kismis jadi asem juga.

iya kak enak. Buat teman minum teh cocok nih...

iya ya. Perasaan terlalu rame jadinya...

mbak..tujuannya didiamkan selama 4 jam atau sampai semalaman itu biar kenapa ya?kalau buah kering di skip, apa bisa menskip proses didiamkan itu?

biar cairannya semakin meresap ke dalam buah keringnya. Jika tanpa buah kering, proses merendam itu dihilangkan ya. Tuangkan saja bahan cair ke dalam bahan kering.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon