Kwetiau Goreng

Assalamualaykum


Salah satu alternatif sarapan pagi di rumah saya adalah kwetiau goreng. Kwetiau ini berwarna putih, bentuknya mirip dengan mi tapi pipih dan lebih lebar.
Terbuat dari tepung beras dan tapioka, sehingga teksturnya kenyal. Karena di kulkas ada stok sayur untuk bikin mi sementara saya lagi bosen, jadi pilih beli kwetiau saja di tukang sayur. Apalagi kwetiaunya jenis kwetiau basah jadi tinggal diseduh air panas saja supaya bersih dan siap diolah. Cara membuatnya sama dengan mi goreng jawa hanya saya tambahi jagung manis. Tips supaya kwetiau enak harus berbumbu kuat ya karena kwetiau yang saya beli ini anyep/hambar banget. Berhubung teksturnya yang kenyal, kwetiau kurang bisa menyerap bumbu secara maksimal sehingga di akhir pemasakan saya tuangi sedikit air supaya bumbu lebih meresap. Dinikmati hangat disertai teh panas, walaaaa.....enak banget.

Kwetiau Goreng
Adaptasi : Mie Goreng Jawa

Bahan :
1 bks (450gr) kwetiau basah
6 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
1/2 sdt garam
1 sdt gula pasir
6 butir bawang merah, iris tipis
2 sdt kecap ikan/asin
1 batang daun bawang, iris halus
1/2 tongkol jagung manis, disisir
1 bh wortel, potong korek api
5 batang sawi hijau, potong-potong
5 lbr kol/kubis, potong kasar (saya nggak pake)
5 butir bakso, potong sesuai selera (saya nggak pake)
3 bh sosis, potong bulat
2 butir telur, dibuat orak arik
75 ml air

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica bulat
4 butir kemiri
1 sdm ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk

pelengkap :
bawang goreng
mentimun
cabe rawit
kerupuk

Cara membuat :
1. Siram/seduh kwetiau basah dengan air suam-suam kuku, tiriskan. Tuangi dengan kecap manis dan saus tiram. Beri garam dan gula pasir, aduk rata dan cek rasanya. Jika suka bisa ditambahkan kaldu bubuk atau penyedap rasa. Sisihkan.
2. Tumis bawang merah dan bumbu halus sampai wangi. Masukkan kecap ikan, daun bawang, jagung manis dan wortel, aduk rata. Biarkan wortel matang.
3 Masukkan sawi hijau, kol, bakso, sosis, telur orak arik dan kwetiau berbumbu. Aduk rata sampai ke dasar wajan. Tuangi air supaya bumbu meresap. Sekali lagi cek rasanya. Jika telah matang angkat dan sajikan hangat beserta pelengkap.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

8 komentar

hmmmm,,,ngeces ngeliat dan membayangkan rasanya,,dah lama ga bikin kwetiau goreng,,,
btw,,banjir ga mba,ciledug,,,ngeliat berita,itc cipulir banjir,,,

enak ya buat selingan pengganti mie atau bihun.
Alhamdulllah rumahku tidak banjir hanya nyaris mb Eby. Seminggu yang lalu air sudah mennggenang di jalan depan rumah. Udah khawatir aja kalo air naik dan masuk rumah. Akibatnya harus begadang sampe jam 2 pagi saking khawatir kalo-kalo airnya naik terus. Makasih lho ya tuk atensinya, mmuaahh....

aaaakkkkkkk...... fav ku mbakkkkk......

adududududududdu.....pertama kali inicp kwetiaw dan tau kwetiaw ya di batam hehehe,enak..kenal2 mantabhlah....cocok pas banget nih musim hujan^^

waaa...mb Hanna muncul lagi. kangen sama aku, hahahaaa....
katanya di Batam enak-enak ya makanannya apalagi Chinese Foodnya....

Dulu suka bgt dg kwetiau goreng mba... tp smnjak hamil pertama smp skrg jd ga suka... gara2nya c d kasih irisan daun bwg mentah...

Wkwkwkwk...

Baunya msh inget Ampe skrg mba....

daun bawang mentah ? Bau dong, hihi....kalo yang doyan sih enjoy aja tapi kalo lagi hamil plus sensi gitu jadi bikin ilfill ya.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon