Olieballen Pisang dan Kismis

Assalamualaykum


Tanpa sengaja ketika saya ngecek isi kulkas, di pojokan ada sesuatu hitam dan panjang yang membuat saya mengulurkan tangan lebih jauh untuk mengambilnya.
Ternyata pisang tanduk ! Kulitnya sudah menghitam yang kemudian saya kupas untuk melihat dagingnya. Alhamdulillah masih bagus biarpun sedikit lembek. Ketika dicicip, masih enak. Sip. Langsung deh nguprek stok bahan untuk mengolah si pisang ini. Ketika mata tertumbuk pada ragi instant segera kepikir untuk bikin olieballen pisang. Kebetulan kismisnya juga ada. Setelah mengambil baskom dan mencampur adonan kering, ternyata telurnya habis. Terpaksa lari sebentar ke warung untuk beli telur. Dan akhirnya setelah matang si pisang pun berakhir dengan selamat di dalam perut penghuni rumah.

Pembuatan oliballen alias Donat Belanda ini sangat mudah. Hanya mencampur bahan kering yang kemudian dituangi susu hangat dan selanjutnya diuleni. Kali ini olieballennya tidak saya uleni tapi saya aduk saja menggunakan sendok makan biar tangan tidak belepotan. Setelah difermentasi adonan dibentuk bulat bulat menggunakan sendok makan dan digoreng. Ketika menggoreng gunakan api kecil saja supaya matang sampai ke dalam dan tidak gosong. Setelah matang dinginkan dulu ya baru ditaburi gula halus/gula donat. Jika masih panas/hangat ditabur gula, bisa berair tuh donatnya. Nggak enak diliat kan penampilannya kalo becek gitu, hehe....

O ya sebelum saya lupa, saya hanya ingin mengatakan jika beberapa hari terahir ini banyak komen yang masuk ke DapurManis untuk laporan bahwa kue yang dibikin banyak yang sukses. Alhamdulillah, betapa senang saya membaca laporan seperti ini. Bahkan hasilnya disukai para anggota rumah dan ada yang minta dibawa ke sekolah untuk bekal. Terharu saya bacanya. Beribu-ribu rasa terimakasih saya haturkan untk pembaca DapurManis yang telah mencoba resep yang ada di sini untuk dipraktekkan di dapur. Semoga resep yang saya tulis selalu bisa bermanfaat bagi para pecinta DapurManis ya....aamiin....


Olieballen Pisang dan Kismis
Sumber : Olieballen-DapurManis

Bahan :
275 gr tepung terigu protein tinggi
1 sdm gula pasir
1 sdm ragi instant
1/4 sdt garam halus
1 butir telur ayam
175 ml susu cair hangat
2 bh (150 gr) pisang tanduk/kepok/uli/raja, potong dadu
50 gr kismis, rendam air hangat sampai mengembang, tiriskan

Taburan :
gula halus/gula donat
kayumanis bubuk (saya nggak pake)

Cara membuat :
1. Campur dalam baskom tepung terigu, gula pasir, ragi instant dan garam, aduk rata. Masukkan telur, aduk rata menggunakan sendok.
2. Tuangi susu hangat sambil diaduk menggunakan sendok sampai rata. Adonan yang terbentuk liat, pekat dan sangat kental.
3. Masukkan pisang dadu dan kismis, aduk rata. Tutup baskom menggunakan serbet basah dan diamkan/fermentasikan di tempat hangat selama 45 menit sampai mengembang.
4. Setelah fermentasi berakhir, kempiskan adonan dengan diaduk aduk menggunakan sendok.
5. Panaskan minyak dalam wajan. Dengan menggunakan 2 bh sendok makan yang telah dibasahi minyak goreng, ambil 1/2-1 sdm adonan, bentuk bulat. Goreng dalam minyak. Gunakan api kecil supaya matang sampai ke dalam. Setelah kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
6. Setelah dingin taburi dengan gula halus dan kayumanis bubuk kemudian sajikan.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

14 komentar

mbak rina, olieballen ni macam jemput-jemput ke? menarik gambarnya

enak nih mba untuk cemilan sore... :-)

aq udah pernah bikin resep ini mbaaaak. Emang cepet dan praktis. Cuma koq gak bisa bulet- bulet cantiiik yah. hehe

heummmm,,manis bangetttttt,pingin nyoba mbk hehhe....

Enaknya rin ..byk resep dh msuk list..blum sempat dicoba nih..

iya ini seperti jemput-jemput/cekodok pisang kalo di malaysia ya...

ayo bikin mb diana buat cemilan sore. Enak nih, orang rumah pada doyan...

kalo nggak bisa bulet, biasanya kebanyakan air, jadi adonannya lembek. Coba airnya dikurangi, sehingga adonan agak kaku, insya Allah mudah dibentuk...

ayo dicobain mb hanna. enak, empuk menul-menul...

hihi....sudah sehat dan mulai aktif di dapur lagi ya ? Syukurlah kalo sudah bisa beraktifitas lagi...

kalau pk pisang kepok bisa ng mbak...
di rumah banyak nih,,,,, ng tau mau di apain

bisa dong pake pisang kepok. Dieksekusi aja tuh pisangnya...

mau nyoba juga mbak Rina,,,,,,makasih ya mbak resepnya,,,,

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon