Halaman

Jumat, 27 September 2013

Kerupuk Tahu

Assalamualaykum


Beberapa hari yang lalu ketika mb Diah Didi posting kerupuk tahu di blognya saya langsung kemecer. Terbayang gurih dan kriuknya.
Pernah beli sih tapi ya itu, agak mahal, hehe....Maka ketika liat cara pembuatannya yang gampang jadi kepikir ingin segera mengeksekusinya. Jika resepnya mb Diah pake tahu pong (tahu kopong), saya pake tahu sumedang yang dalamnya berongga. Di Ciledug sini saya belum nemu tahu pong seperti di Jawa selain tahu Sumedang. Setelah matang segera saya cicipi. Enak dan gurih. Kriuknya dapat, tapi agak keras. Mungkin disebabkan kulit tahu sumedang agak tebal. Jika makan tahu pong, kulitnya lebih tipis sehingga hasilnya bisa renyah. Biarpun agak keras tapi anak saya doyan banget tuh. Dari tadi kriuk-kriuk aja nyomotin kerupuk tahunya. Bumbu pelapisnya pun saya modif karena saya tidak pake kaldu bubuk. Saya pake bawang putih bubuk, merica dan garam. Maaf ya mbak, resepnya aku modif dikit hihi...

Bahan:
10 bh tahu pong (saya pake tahu sumedang)
2 siung bawang putih halus
1/2 sdt garam
1/8 sdt ketumbar bubuk
1/4 sdt gula pasir

Bahan pelapis :
100 gr tepung terigu
2 sdm tepung beras
1 sdt kaldu bubuk (saya nggak pake)
1 sdt bawang putih bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam halus

Cara membuat :
1. Belah tahu menjadi 2 bagian, keruk isinya. Setelah itu potong menjadi 2 bagian lagi.
2. Campur bawang putih halus, garam, ketumbar dan gula pasir. Beri 100 ml air dan aduk rata. Rendam tahu dalam air bumbu selama minimal 15 menit.
3. Campur semua bahan pelapis, aduk rata dan ayak. Masukkan tahu yang telah ditiriskan ke dalam bahan pelapis dan aduk sampai terbalut rata.
4. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak. Goreng tahu sampai terendam minyak (deep fry). Setelah warnanya kuning kecoklatan dan kering, angkat dan tiriskan.

6 komentar:

  1. Sipp Mba ..Iya Mba Rina..silahkan di sesuaikan selera..hihi..eh di sana tidak ada tahu plempung yang ndeso gt ya Mba..mahil donk..kalau pakai tahu sumedang..:D..di sini kan tahu plempung di pasar itu cuma..3000 hihi..jadinya udah banyak hasilnya..dan di goreng sebentar aja ..langsung renyah..karena emang tipis mba ..:)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahu plempung ? Aku kok baru denger ini. Kalo di jawa mungkin pernah liat tapi nggak tau namanya. Di sini tahu goreng yang enak, selain tahu sumedang ya tahu bulat mbak. Yang dijual pake gerobak secara franchise itu lho. Tahu goreng yang lain ya cuma tahu goreng yang biasa dimasak oseng-oseng itu.

      Hapus
  2. belum pernah nemu kerupuk tahu di dumai mb....
    kayaknya enak nih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak dong kerupuk tahunya. Gorengan gitu. Cuma ya itu, kemarin bikin agak keras karena kulit tahunya agak tebal. Kalo tipis insya Allah bisa renyah. Tapi tetep habis tuh, hihi...

      Hapus
  3. waah.....jd pengen nyoba jg...disini ada tahu yg tipis, kulitnya aja, udah digoreng....namanya abura age....

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba buat aja um. Siapa tau bisa lebih enak dan renyah...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.