Halaman

Sabtu, 06 Juli 2013

White Cake

Assalamualaykum


Terpesona dengan penampilan White Cake yang wira wiri di grup BKR akhirnya memberanikan diri juga membuatnya. Membuat cake ini sangatlah mudah, hanya mengandalkan metode all in one.
Tapi jika nggak yakin dengan kekuatan mixer yang dipunyai bisa memakai metode sponge cake (gula, telur dan emulsifier dikocok dulu sampai mengembang dan kental). Kemarin saya membuatnya dan ludes dalam sehari. Cakenya sangat lembut, moist dan menu-menul. Jujur aja buat lidah saya yang kurang suka manis kue ini sedikit terlalu manis. Tapi bagi yang suka manis cukup pas rasanya pake gula segitu. Jika bikin lagi akan saya kurangi gulanya sedikit. Kemarin ketika ada teman main ke rumah, saya suguhi dengan cake ini dan bilang enak. Kue ini bisa dijadikan andalan untuk menghabiskan sisa putih telur. Ketika dikukus kue ini akan membubung tinggi melebihi cetakan, tapi jangan khawatir, insya Allah nggak akan tumpah kok. Padahal saya pake loyang tulban dengan tinggi 10 cm. Cake ini bisa pake loyang tulban diameter 20-22 cm. Setelah diangkat dari kukusan kue akan sedikit mengempis dan rata dengan cetakan. Ketika dikeluarkan dari cetakan permukaan kue akan sedikit kekuningan karena penggunaan margarin untuk mengoles loyang. Tapi bagian dalamnya akan berwarna putih. Oh ya gunakan gula pasir yang berwarna putih bersih ya supaya kuenya juga cantik.

Si Cantik White Cake ala NauraCakes by Nina 
Bahan :
225 gr gula pasir
250 gr terigu segitiga biru  (protein sedang)
200 ml putih telur (+/- 6 butir, tergantung besar kecilnya telur)
100 ml minyak sayur
1 sdt cake emulsifier (saya pake sp)
1/4 sdt vanili
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam
42 gr (1 sachet) susu kental manis
5 gr susu bubuk
100 ml air
Kismis (saya pake 50 gr)

Cara membuat :
1.Siapkan loyang tulban diameter 20 cm, olesi margarin dan taburi terigu. Panaskan kukusan dengan api sedang.
2. Sementara itu larutkan susu kental manis & susu bubuk nya dalam 100 ml air, sisihkan.
3. Kocok semua bahan dengan mixer hingga putih, lembut & mengental (+/- 10 menit dengan speed maksimal).
4. Lalu tuang adonan ke dalam loyang yang di dasar nya sudah di taburi kismis (saya : kismis dicampur ke dalam adonan dan diaduk pake spatula).
5. Kukus selama -+ 40 menit. Angkat, selagi panas balikkan perlahan dan dinginkan.

Note :
* Jika mau memakai susu cair, susu kental manis, susu bubuk & 100 ml air nya di ganti dengan 100 ml susu cair.
 * Jika ingin memakai santan, susu kental manis & susu bubuk nya di ganti dengan 50 gr santan kental instant siap pakai.
* Jika memakai loyang puding / agar2, olesi dengan minyak sayur hingga merata. Kalo memakai loyang alumunium olesi dengan margarin dan di taburi terigu.
* Jika menghendaki di tambahkan essence / pasta silahkan.
* White Cake ini bisa juga di oven / di panggang, dengan suhu 150-160 selama -+ 45-50 menit.


17 komentar:

  1. Pestime dgr whitecake..zila smpn resepinye dulu..nnt nk buat jgk..tq rin..nmpk gebu..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok zila, silakan dibuat ya. Cake ini memang benar-benar sedap...

      Hapus
  2. tampak lembut cakenya Mbak...beneran menul2 ya...;) saya pikir white cake itu cake yg dibuat pakai white cooking chocolate (WCC), ternyata buka ya Mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...nggak ada unsur WCC sama sekali kok.
      iya um lembut deh pokoknya. Insya Allah pingin bikin lagi nih, karena orang rumah doyan banget.

      Hapus
  3. Wah..pasti enak ya Mba..langsung ludes..oh karena dari putel gt ya..di sebut white cake..kirain apa juga..hihi..soalnya teman Fb ku jualan white cake gini..tapi kok di bikin warna warni..baru ngeh skrg..^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. so pasti enak mb diah wong sehari juga ludes, hehehe....
      White Cake ini bisa dibuat berwarna juga kok, bisa motif marmer, atau zebra. Pemakaian warna tergantung selera aja.

      Hapus
  4. keliatannya enak tuh...resepnya dikemanakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak enak banget. Yuk dicobain...

      Hapus
  5. Yesha Anista24 Juli 2013 12.09

    Kalau di Oven ntar bagian luar/pinggir jd coklat donk jadinya ??
    Betul gak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya betul jadi agak coklat. Tapi untuk rasa insya Allah tetap enak hanya sedikit lebih kering jika dibandingkan dikukus.

      Hapus
  6. kalau tidak ada emulsifier,(sp, tbm misal nya). pake apa ya?apa bisa diganti dengan bahan lain? kalau di luar negeri, biasa nya merk nya apa ya?sy bingung nyari nya,.mungkin blm nemu aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh ini komen kok sampai kelewatan sih jawabnya. Maaf banget. kalo emulsifiernya dihilangkan resiko bantat mbak (atau mas ?). Ada teman yang pernah mencoba tanpa emulsifier dan hasilnya bantat. Jadi belum ada solusi sebagai pengganti emulsifiernya.

      Hapus
  7. Mba rina, minta sarannya donk jika white cake ini ingin dibuat jd rasa jeruk atau orange gitu mba kira2 baiknya ditambahin apa ya mba?... ditambah syirup misal ABC atsu yg bubuk sprti nutri sari gitu ya mba?..mohon masaukannya donk mba,trima ksh sblumnya by fitri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya lebih aman pake sirup bubuk aja seperti nutrisari itu sebanyak 2 sachet. Campurkan bersama tepung ya. Kalo sirup yang encer bisa resiko bantet karena terlalu banyak cairan, apalagi kalo mengaduknya kurang rata.

      Hapus
  8. Mba rina.. makasi resepnya yaahh.. udh ak coba dan memang sedikit terlalu manis.. tpi enakk kok.. oya mba, tekstur dan rasanya memang mirip bolu kukus ya?? Ato ak yg salah cara buatnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul indah, teksturnya mirip bolu kukus. Udah bener itu cara buatnya. Enak ya hihi....

      Hapus
  9. almarhum mertuaku dulu jago banget bikin kue ini, tapi dibikin lapis 3 warna, merah, putih(polos), dan hijau...ngukusnya selapis-selapis, jadinya cantik n enak banget tentu.. :) makanya aku menyebutnya bolu kukus pelangi

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.