Laman

Rabu, 05 Juni 2013

Lodeh Kuning

Assalamualaykum


Lodeh merupakan salah satu sayur favorit di rumah. Biasanya lodeh ini pake tempe semangit untuk bumbunya.
Setelah tinggal di Ciledug dan agak repot cari tempe semangit, ya cari akal supaya lodeh tetap enak. Ketika browsing ternyata pake ebi atau rebon juga bisa. Ini cocok bagi penggemar lodeh tapi nggak suka tempe semangit. Supaya tampil lebih cantik (mau masuk blog gitu) lodehnya diberi kunyit. Ini gara-gara liat Pak Bondan Winarno menikmati lodeh begini di acara kuliner yang beliau bawakan. Pak Bondan nyebut lodeh ini Lodeh Piyayi. Mungkin karena warnanya yang menarik, tidak seperti lodeh yang umumnya berwarna putih agak keruh. Sedang untuk isinya saya cemplungi dengan irisan wortel supaya keliatan berwarna warni. Nggak pake daun melinjo karena daun melinjo disini sudah pada tua-tua, jadi agak alot/liat jika dimakan. Berbeda dengan di Jawa, daun melinjo yang dijual masih muda sehingga enak untuk isian lodeh. Lauk pendamping yang cocok untuk lodeh sebenarnya ikan asin. Tapi di kulkas saya menyimpan ikan cuwe pindang dan ketika digoreng terasa sedikit asin gurih. Cocok deh makan pake itu. Jika menginginkan sayur lodeh yang menggunakan tempe semangit, ada disini ya.

Bahan :
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
500 ml santan encer
1 bh jagung manis, potong bulat
1 bh wortel, potong bulat
1/2 bh labu siam ukuran besar, potong dadu
6 lonjor kacang panjang, potong 2 cm
1 bh terong ukuran besar, potong-potong
150 gr tempe, potong dadu
3 bh cabe merah (sesuai selera), potong serong tipis
3 bh cabe hijau besar, potong bulat
2 lbr daun salam
1 potong lengkuas, memarkan
garam, gula merah secukupnya

Bumbu halus :
1 sdt ketumbar
8 butir bawang merah
3 siurng bawang putih
3 cm kunyit
3 cm kencur
4 butir kemiri
2 sdm ebi yang sudah direndam air panas sampai empuk

Cara membuat :
1. Dalam sebuah panci rebus jagung manis, bumbu halus, santan encer, daun salam dan lengkuas sampai mendidih.
2. Masukkan semua sisa bahan seperti wortel, labu siam, kacang panjang, tempe, terong dan kedua macam cabe. Didihkan kembali. Tuangi dengan sisa santan. Beri garam dan gula merah.
3. Didihkan sekali lagi sambil diaduk aduk supaya santan tidak pecah. Cek rasanya. Jika telah matang matikan api. Sajikan.

18 komentar:

  1. Waduhx2 enak bangat ni...mau semangkuk untuk di makan begitu saja..:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh-boleh. Di dapur masih banyak sayur lodehnya....

      Hapus
  2. Eh..iya...jadi lebih cantik ya Mba..tampilan lodehnya..kalau di kasih kunyit..biasanya kan pucat gitu ya..kalau lodeh biasa.^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kan jadi lebih cantik,....dari dulu aku kok nggak mikir sampai ke situ ya, hehe...

      Hapus
  3. tambah sambel terasi goreng yang pedes manis mba... waduuuhhh mertua manggil juga gak bakalan nengok dah...nunduuuk sambil kepedesan... aiiihhh.... cantik banget itu mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaa, sambel terasi bikin perut nggak mau kenyang mb Lina, hahahaa....

      Hapus
  4. mbak rina aku kangeeeen, ayo kirimi aku lodehnya mbak.... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. mb viviiii....aku kangen jugaaaaa *cipika-cipiki dan peyuk-peyuk*
      boleh dikirim kok via email ya...^_^

      Hapus
  5. wah yen iki yo mantep mba... segerrrr... wis suwi ane ga maem lodeh mbaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo mb lisa bikin biar nggak kemecer. Pake bahan seadanya aja yang penting kesampaian makan lodeh...

      Hapus
  6. bagus masak lodeh ni kan rina...byk sayur..sy suka ratah aje sayurnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ummiaisyah kami sekeluarga sangat suka sayur. Jadi tiap hari harus ada sayur di meja makan.

      Hapus
  7. waahhhhh........ bikin laperrrrrrrr.....

    BalasHapus
  8. laparr jgk tgk masakanya..zila paling suka tempe tue..:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata zila suka tempe juga ya ? sama dong dengan aku...

      Hapus
  9. duh uenak banget iki mba e...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi mb anna uenak banget...^_^

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.