Laman

Sabtu, 30 Maret 2013

TAHU ACAR

Assalamualaykum


Untuk menemani siang yang panas, beberapa hari yang lalu saya bikin tahu acar. Ini adalah makanan selingan yang tidak bikin kenyang. Istilahnya buat iseng aja.
Kangen sama makanan ini karena rasanya yang manis sedikit gurih, asam dan segar. Makanan khas Solo ini disebut juga dengan Bakmi Acar karena pake mi (orang Solo kalo nyebut mi selalu dengan istilah bakmi). Tahu acar ini tergolong hidangan dingin jadi cocok dinikmati saat cuaca sedang terik. Isinya gampang banget cuma tahu goreng, mi, kol/kubis dan toge serta acar timun kemudian disiram kuah gula merah. Kuahnya mirip dengan kuah pempek tapi lebih ringan dan tanpa ebi. Disajikan dengan seledri cincang dan kacang tanah goreng, hmmm...syeger deh...Mi yang digunakan biasanya mi kuning basah, tapi karena kemarin nggak ketemu ya pake mi kering yang direbus dulu. Terkadang isinya pake tempe goreng tapi kemarin saya nggak pake. Tahu acar ini bisa disajikan pedas juga. Jadi sebelum piring diisi, uleg dulu cabenya langsung di atas piring. Setelah itu tata tahu dkk di atasnya dan diguyur kuah.

Bahan :
400 gr tahu, potong dadu
100 gr toge, seduh air panas
200 gr kol, iris tipis
300 gr mi basah kuning, seduh air panas (saya pake mi kering yang direbus)
cabe rawit secukupnya

Kuah :
500 ml air
4 siung bawang putih, haluskan
50 ml kecap
100 gr gula merah
2 sdm gula pasir
garam secukupnya
1 sdt cuka

Acar timun (rendam jadi satu dan diamkan 30 menit) :
1 bh timun potong tipis
100 ml air
1/4 sdt garam
1 sdt gula pasir
beberapa tetes cuka

Taburan :
seledri cincang
bawang goreng
kacang tanah goreng

Cara membuat :
1. Kuah : rebus jadi satu semua bahan, air, bawang putih, kecap, gula merah, gula pasir dan garam sampai mendidih. Masukkan cuka, cek rasanya. Matikan api, saring dan dinginkan.
2. Goreng tahu sampai setengah matang, angkat tiriskan.
3. Penyajian : dalam sebuah piring uleg cabe rawit sampai halus. Tata diatasnya tahu, mi, kol, toge dan acar timun. Guyur dengan kuahnya. Taburi dengan seledri cincang, bawang goreng dan kacang goreng. Sajikan.


6 komentar:

  1. HAMPIR MIRIP KUPAT TAHU YO MB..
    MBAK..AYO BIKIN BEKGRON MOTREKNYA PK KAYU..
    SEP YG KITA OBROLIN BEBERAPA WAKTU LALU....EHEHEH

    BalasHapus
    Balasan
    1. hooh mb mimie mirip kupat tahu. Di Solo ada kok tahu kupat tapi kuahnya manis tanpa cuka...
      awalnya pingin sih bikin tahu kupat, tapi kok lebih pingin tahu acar.
      lebih seger gitu...

      wah yang ngomporin semangat deh, insya Allah bisa terealisasi...

      Hapus
  2. masyaAllah... ini mah syeger banget... insyaAllah mau bikin, ga kuat liad timun sm kuahnya... hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo dibuat mb analisa. Seger banget buat selingan di siang yang panas...

      Hapus
  3. sampe nelen ludah ngeliatnya Mbak.....seger banget kayaknya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuk dibuat um. bener-bener seger dan murah meriah nih...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.