Halaman

Selasa, 05 Februari 2013

MARBLE BUTTERCAKE

Assalamualaykum


Sebelum saya menulis entri, ijinkan saya mohon maaf kepada segenap pengunjung Dapur Manis. Lebih dari seminggu saya tidak mengupdate resep baru.
Hal ini disebabkan saya harus beristirahat dari depan komputer karena penglihatan saya yang sedang terganggu. Sakit rasanya jika berada di depan komputer biarpun hanya setengah jam. Keadaan ini sudah berlangsung sejak bulan Januari yang lalu. Tapi saya memaksakan diri untuk sering online hampir setiap hari. Akibatnya mata semakin terasa sakit dan saya tidak tahan. Mau tidak mau harus rehat total dari depan kompi. Hari ini Alhamdulillah sudah agak mendingan rasanya. Tapi jika mata mulai terasa berdenyut-denyut lagi, itu pertanda harus segera off. Selain itu saya ucapkan beribu terimkasih yang tak terkira tuk pengunjung Dapur Manis yang masih sudi bertandang ke sini. Bahkan follower makin bertambah biarpun yang empunya sedang tidak aktif.

Ok, kembali ke tujuan semula untuk sharing resep baru. Marble Buttercake ini sebenarnya permintaan seorang teman fb yang menginginkan resep buttercake (mohon maaf ya jika tertunda sekian lama). Jika membuat buttercake saya kembali teringat masa ketika belajar buat kue. Buttercake ini adalah jenis cake kedua yang saya pelajari setelah berulangkali gagal (baca : selalu bantet) membuat spongecake. Begitu sukses membuat buttercake, wow takjub melihat hasilnya...akhirnya bisa juga saya bikin kue, begitu pikir saya ketika itu. Tapi sayang waktu itu kurang disukai orang rumah. Mungkin karena terasa lebih "berat" daripada spongecake ya sehingga kurang diminati.

Untuk resep ini saya menggunakan metode putih telur yang dikocok kaku. Hasilnya memang lebih lembut jika dibandingkan dengan telur yang dimasukkan bersamaan, baik putih dan kuningnya. Sedangkan motif marble/marmer saya mengunakan coklat bubuk yang dicampur sedikit air panas sampai menjadi pasta kental. Gunakan mentega/margarin yang berkualitas untuk hasil terbaik. Jika menggunakan bahan berkualitas, hmmm...wangi deh hasilnya biarpun tidak pakai vanilla.

Bahan :
2 butir putih telur, kocok kaku
125 gr mentega/margarin
100 gr gula halus
2 butir kuning telur
100 gr tepung terigu
1/4 sdt baking powder
1 sdm (munjung) tepung maizena
60 ml susu cair
1 sdm coklat bubuk
1 sdm air panas

Cara membuat :
1. Siapkan loyang ukuran 18x18cm, alasi kertas roti, olesi margarin. Taburi sedikit terigu. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.
2. Kocok mentega dan gula halus sampai berwarna pucat dan ringan.
3. Masukkan kuning telur, kocok sampai rata dan mengembang.
4. Masukkan campuran terigu, baking powder dan maizena serta susu cair secara bergantian, sambil dikocok dengan speed rendah sampai rata.
5. Masukkan putih telur kocok, aduk balik menggunakan spatula sampai rata.
6 .Ambil 2 sendok sayur adonan, beri larutan coklat+air panas, aduk rata.
7. Tuangkan adonan putih ke dalam loyang, ratakan. Tuangkan juga adonan warna coklat diatasnya. Gunakan tusuk sate/garpu untuk membentuk motif marble/marmer.
8. Panggang dalam oven selama 30 menit sampai matang. Lakukan tes tusuk.


2 komentar:

  1. asekkkk....
    nongol2 bikin cake nih....
    syedaaappppp mbak....mauuuu...ehehe

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah mb mimie akhirnya aku bisa nongol lagi...
    doain ya biar bisa sering nongol....
    boleh tuh, ambil aja kuenya.Lumayan buat ganjel perut lafar...

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.