Laman

Sabtu, 16 Februari 2013

CENIL

Assalamualaykum


Malem mingguan sambil ngemil cenil, asssiiikkkk.... Bertahun-tahun saya nggak bikin cemilan ini karena kalo pingin mending beli jadi aja karena mudah didapatkan.
Lagian saya juga paling nggak suka marut kelapa, hehe....ketauan alasan sebenarnya kan. Kalo beli kelapa parut di pasar, parutannya terlalu halus, nggak panjang-panjang. Tapi untuk setoran Grup DA ya saya bela-belain bikin deh. Alhamdulillah ketika marut kelapa nggak ada insiden berdarah di jari saya. Itu yang bikin saya lega (halah). Gimana cara bikinnya ? Gampang kok. Tapi tantangannya cuma pada pembentukan adonan karena tapioka/acinya mudah mbleber. Jadi ketika bikin adonan sekalian merebus air. Ketika adonan siap dibentuk, airnya sudah mendidih dan setelah dibentuk langsung dicemplungin ke dalam air mendidih.
Yuk bikin yuk...

PR Grup Dapur Aisyah Pebruari 2013
Tema            : Kue basah Tradisional
Nama resep : Cenil
Diolah oleh   : Rina Audie

Bahan :
1/4 butir kelapa agak muda, parut memanjang
sejumput garam halus
250 gr tepung tapioka/kanji/aci
150 ml air dingin suhu ruang
3 lbr daun pandan
1/2 sdt pasta pandan
1/2 sdt pasta strawberry
1/2 sdt pasta orange
gula pasir atau sirup gula merah

Cara membuat :
1. Campur kelapa parut dan garam sampai rata. Kukus selama 15 menit, angkat dan sisihkan.
2. Rebus air dan daun pandan dalam panci sampai mendidih.
3. Sementara menunggu air mendidih, dalam sebuah baskom letakkan tapioka dan tuangi air sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk. Bagi adonan menjadi 3 bagian dan masing-masing bagian beri pasta pandan, strawberry dan orange.
4. Bentuk menjadi bulat-bulat kecil sebesar kelereng. Masukkan ke dalam air mendidih dan biarkan mengapung. Setelah mengapung biarkan beberapa saat supaya matang sampai ke dalam. Angkat dan langsung gulingkan ke atas kelapa parut kukus, aduk rata. Setelah dingin sajikan bersama gula pasir atau sirup gula merah.





8 komentar:

  1. yum yum yum.... mo bikin belom kesampean....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuk dibikin mbak analisa kalo bahannya emang ada....
      buat tombo pingin....

      Hapus
  2. waah....gandengannya lupis dan ketan bubuk ini Mbak....biasanya sering beli, kebetulan di dkt rmh ada yg jual, jd malas mbikin sendiri...hehe...pas disini kepengen mbikin, tp belum kesampaian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul tu um.
      Kalo beli biasanya dalam 1 bungkus ada macam-macam teman cenil.
      Kalo di Solo, cenil ini ditemani gethuk, ketan item sama tiwul.
      enak deh, beli 1 bungkus bisa makan aneka cemilan...

      Hapus
  3. Assalamualaikum Rina

    Aduhhh..sedap banget ni, sangat menarik nanti kak ct coba ya. situasi memarut kelapa akan buat kak ct jadi seram kerna dolu2 pernah terjadi hujung jari sampai terluka...aduhh nyilu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaykumsalam kak ct...
      hihi...ternyata kita sama ya nggak suka marut kelapa. Kalo sampai terluka rasanya memang lumayan menyakitkan.
      makanya saya jarang sekali marut kelapa, hehe....

      Hapus
  4. sate telooooooo.......
    kalau di tempatku di tusuk kayak sate gt mb...
    ini jajanan kami kecil..soalnya murah meriah.
    herannya kami nggak pernah bosan... ehheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, ini jenis jajanan yang selalu bikin kangen dan nggak bosenin mb mimie...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.