Laman

Kamis, 14 Februari 2013

Brownies Kukus Kentang

Assalamualaykum


Hai apa kabar semua ? Agak lama ya saya tidak update resep baru, hehe...Maaf ya, beberapa hari terakhir sakit maag/lambung saya kambuh. Jika kambuh badan rasanya sampai meriang, panas dingin dan uluhati nyeri setengah mati. Hari ini Alhamdulillah sudah agak mendingan setelah minum obat herbal. Semoga bisa lebih baik sehingga bisa lebih sering update resep baru.
Semalam saya bikin Brownies Kukus Kentang nih. Resepnya saya adopsi dari Brownies Kukus Sehat. Hasilnya ? Lebih nyoklat dan lembab, karena saya pake Dark Cooking Coklat dan kentang kukus. Dah lama sebenarnya pingin memodifikasi resep ini, tapi baru kesampaian hari ini.

Pada entri hari ini menurut saya,  hasil fotonya kurang maksimal karena mendung gelap sejak pagi hari. Sering sekali hal ini terjadi. Setelah bikin kue, saya berencana motret dengan properti ini dan itu dan ingin menghasilkan foto yang lebih baik dari kemarin-kemarin. Tapi apa daya jika pemotret amatir seperti saya yang hanya mengandalkan sinar matahari, ternyata cahaya yang mutlak dibutuhkan malah meredup dan mengakibatkan kurang sinar pada obyeknya. Huffffftttt....(malah curhat).

Sebelum berkepanjangan curhatnya, mending dibikin yuk browniesnya...
Sekalian juga entri ini untuk setoran di Klub Masak Bareng Yuuk yang bertema tentang umbi (eh umbi apa ubi ya, karena di sana tertulis ada ubi kentang, ubi putih, ubi ungu dll)


Bahan :
250 gr kentang
125 gr dark cooking chocolate (DCC)
100 ml minyak goreng
3 butir telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt garam halus
75 gr tepung beras campur*
40 gr coklat bubuk
2 sdm susu bubuk
1/4 sdt baking powder
50 gr kismis, rendam air panas sampai mengembang, peras dan cincang kasar

Cara membuat :
1. Kukus kentang sampai empuk dan matang. Selagi panas, haluskan dan dinginkan  Tim DCC sampai meleleh dan campur dengan minyak goreng. Dinginkan.
2. Siapkan loyang ukuran 18x18cm. Alasi dasarnya dengan kertas roti dan olesi minyak goreng di semua bagian. Panaskan kukusan dengan api kecil.
3. Kocok telur, gula dan garam sampai putih, mengembang, kental dan kaku selama 15 menit. Bila baling baling mixer diangkat adonan akan sulit jatuh.
4. Masukkan tepung beras campur, coklat bubuk, susu bubuk dan baking powder dengan cara diayak, dalam 2 tahap. Setelah tepung masuk aduk balik dengan spatulla sampai rata.
5. Masukkan kentang halus , aduk rata. Menyusul larutan coklat dan minyak goreng, aduk balik lagi sampai rata. Terakhir masukkan sebagian kismis, aduk rata
6. Tuangkan ke dalam loyang. Taburi sisa kismis. Kukus dengan api sedang selama 30 menit. Jangan lupa alasi tutupnya dengan serbet supaya air tidak menetes ke bawah.
7. Setelah matang angkat kue, biarkan hangat. Balik kue, kelupas kertas rotinya, balik lagi dan potong-potong. Sajikan.

Note :
* Tepung beras campur dibuat dari 7 bagian tepung beras, 2 bagian tepung kanji/tapioka, 1 bagian tepung maizena. Misalnya akan membuat stok tepung sebanyak 1 kg, membutuhkan 700 gr tepung beras, 200 gr tepung kanji dan 100 gr tepung maizena. Campur sampai rata dan simpan dalam toples rapat.






6 komentar:

  1. duh.....hujan deras waktu aku komen ini.
    lihat bronies kentang mb rina... bikin perut kruyuk2.....
    kapan2 mau coba.soalnya aku coklat mania pake banget....eehehhe
    semoga sembuh maagnya yo mbak..... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih ada nih brokus kentangnya mb mimie, mau berapa potong, hehe...
      ayuk dicoba, enak lho....
      makasih tuk doanya ya...

      Hapus
  2. Balasan
    1. Hai Deanna Aris...
      yoi sedap banget nih brokus kentangnya. Cepet ludes, hehe....

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum mbak Rina,,kuenya menggiurkan...pingin nyoba deh, tapi mau tanya ini kl tepung beras campur diganti terigu bisa ga ya? soalnya saya g punya tepung beras campurnya...makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaykumsalam Bunda Azzam
      tentu saja boleh pake terigu. Silakan pake terigu atau tepung ketan hitam juga bisa kok.
      met coba ya...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.