TUMIS TEMPE DAN KACANG PANJANG

Assalamualaykum


Hari ini saya mau sharing resep masakan sehari-hari. Sering banget masak tumis tempe ini. Saya sendiri penggemar berat tempe.
Terutama tempe goreng yang diberi bumbu bawang putih dan garam kemudian digoreng garing dan dimakan anget-anget, nyam....Tumis tempe ini saya buat ketika hujan sedang deras. Dinikmati bersama nasi panas memang paling nikmat. Tapi ketika sedang meracik/menyediakan bahan, ternyata cabe merahnya habis ! Ya sudahlah pake bahan seadanya yang tersedia di kulkas. Di bawah ini saya tulis resep lengkapnya ya...


Bahan :
300 gr tempe, potong dadu
10 lonjor kacang panjang, potong 2 cm
5 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
2 cabe merah besar/keriting, iris tipis (saya nggak pake)
1 lbr daun salam
2 cm lengkuas
1 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak, cincang halus
1 sdt kecap ikan/asin
1 sdm saus tiram
3-4 sdm kecap manis
50 ml air
garam, gula, merica secukupnya

Cara membuat :
1. Goreng tempe sampai matang, angkat, tiriskan.
2. Gunakan sedikit minyak goreng sisa menggoreng tempe, tumis bawang merah, bawang putih dan cabe merah sampai layu. Masukkan ebi, daun salam dan lengkuas. Menyusul kecap ikan dan saus tiram. Aduk rata.
3. Masukkan tempe goreng dan kecap manis. Tuangi air dan masukkan kacang panjang. Beri garam, gula dan merica. Cek rasanya. Jika sudah pas matikan api. Angkat dan sajikan.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

6 komentar

nyirikin tingkat tinggi, udah hampir setahun nggak nemu tempe :(

nyirikin tingkat tinggi..udah hampir setahun nggak nemu tempe :(

hihi...maaf buuuuukkk...
eike lupa kalo disana gak ada tempe...

makasih tuk komennya di DapurManis. Miss you so much mb Erika...

kurang bahanya ini mb....
pete...mana pete....xixixixi
aku mau seporsi yo...pake banyak..... :P

wahahaha....mb mimie pete lover ya ?
Aku masih parno sama pete, makanya nggak pake....

Tempenya dibuat sendiri aja mbak Erika. Hehe..
Saya pernah BW k www.ita-thediffusionofexperience.blogspot.com
mbak ita ini (yg pny blog) tinggal di Kuwait. Beliau sering buat tahu, tempe, dan tape homemade. Kalo gak salah di blog beliau ada resepnya. :)

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon