Halaman

Sabtu, 12 Januari 2013

BROWNIES

Assalamualaykum


Sebenarnya sudah sejak beberapa hari yang lalu ingin update resep ini. Resep ini sudah saya buat hari Selasa yang lalu.
Apa daya cuaca yang amat buruk, 2 hari berturut-turut hujan dan mendung gelap, membuat sinyal internet hilang. Ketika hujan melanda, saya juga sibuk mengangkat barang-barang ke lantai atas untuk antisipasi banjir. Akibatnya saya kecapekan, rematik kambuh disertai masuk angin. Hari ini Alhamdulillah sudah lebih baik. Tapi tenggorokan mulai terasa kering dan sedikit gatal. Tanda flu mulai menyerang agaknya. Sebelum terlambat lebih baik sharing resep dulu ah sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Brownies ini resep aslinya dari resep Cream Cheese Browniesnya Martha Stewart. Saya pernah bikin ini beberapa bulan yang lalu. Resepnya disini. Sengaja saya membuatnya karena ada permintaan dari seorang teman fb yang menanyakan resep brownies panggang. Cara membuatnya juga gampang kok, cuma pake whisker aja, nggak perlu mixer. Seperti biasa resepnya saya kutak-katik sedikit. Minyak goreng saya kurangi supaya tidak terlalu berminyak. Gula pasir juga saya kurangi, tapi saya beri isian choco chips didalamnya biar lebih nyoklat. Coklat bubuknya ditambah 1 sdm. Tidak lupa diberi kacang mede cincang. Hasilnya, hmm....enak. Nyoklat dan legit....

Hal penting dalam membuat brownies ini adalah waktu panggang yang tidak boleh terlalu lama. Cukup 25-30 menit saja. Kalo lebih, kue akan jadi keras. Jika dites tusuk dan adonan masih menempel di lidi, biarkan saja. Langsung keluarkan kue dari oven dan dinginkan.


Bahan :
50 gr margarin
4 sdm munjung coklat bubuk
150 ml minyak sayur
150 gr gula pasir
2 butir telur ayam
125 gr terigu
75 gr kacang mede sangrai, cincang kasar (bisa pake kenari/almond)
75 gr coklat chips

Cara membuat :
1.Siapkan loyang uk 20x20 cm, alasi kertas roti, lebihkan bagian sisinya supaya nanti mudah mengeluarkan kue dari loyang, olesi dengan margarin. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.
2. Dalam sebuah mangkok tahan panas, lelehkan margarin menggunakan api kecil. Matikan api. Masukkan coklat bubuk aduk rata. Tuangkan minyak goreng aduk sampai rata, menyusul gula pasir. Biarkan adonan menjadi dingin.
3. Masukkan telur aduk rata, menyusul terigu, aduk rata. Adonan akan menjadi liat,pekat dan kental seperti dodol. Masukkan kacang mede dan sebagian coklat chips, aduk rata.
4. Tuangkan ke dalam loyang, ratakan. Hentakkan loyang untuk mengeluarkan udara yang terperangkap di dasar loyang. Taburi sisa coklat chips.
5. Panggang dalam oven selama 25-30 menit. Jangan over bake ya supaya kue tidak keras. Jika dites tusuk, adonan akan lengket ke lidi karena kue ini mengandung banyak minyak. Langsung keluarkan saja dari oven jika waktu panggang sudah habis.
6. Dinginkan kue. Potong-potong dan sajikan.







4 komentar:

  1. bayangin rasa coklatnya .....hmm...yummy....
    pasti di sayang keluarga mb rina ini...
    sering buat cemilan..... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan dibayangin mb mimie ntar ngeces, hihi...
      emang nyoklat dan legit browniesnya...

      bikin cemilan ini salah satu cara biar disayang mbak,hehe...

      Hapus
  2. .Hadewwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww....pengen moto apik e kaya ngeneeeeee...ajari neh mmmmbaaaaaaaaaaaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. hayuk shinta, kapan kopdar nih....*halah gaya banget*

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.