Laman

Selasa, 04 September 2012

SELAD SOLO ALA RINA

Assalamulaykum





Selad Solo ini kalo di Solo biasa disebut dengan Racikan Selad. Semur daging bersama sayuran rebus, kentang goreng dan mayonaise diracik (ditata) diatas piring. Enak dinikmati kala cuaca sangat panas, karena selad ini tergolong hidangan dingin. Jaman dulu, racikan selad hanya dinikmati kalangan piyayi atau bangsawan. Selad ini kadang disebut juga dengan Bistik Jowo, hehehe....



Mumpung saya masak semur sekalian aja saya bikin racikan selad. Tapi daging yang saya gunakan bukan daging sapi, melainkan daging ayam. Kalo di Solo kita membeli selad, pasti memakai daging sapi karena pakemnya memang menggunakan daging sapi. Selain itu rasa semurnya harus manis.

Untuk mayonaisenya saya memakai resep dan cara saya sendiri. Bisa tahan 3 hari bila disimpan di kulkas. Bisa dicicil membuatnya sehingga tidak repot. Ada beberapa versi membuat mayo ini. Ada yang pake kuning telur rebus halus plus margarin cair, ada juga yang pake kuning telur rebus, kentang rebus plus margarin. Yuk diliat resepnya.

Bahan semur :
10 butir bw merah, iris tipis
500 gr daging ayam/sapi
10-15 sdm kecap manis
500 ml air
2 sdm gula pasir
garam secukupnya
1 btg kayu manis
2 butir cengkih
Bumbu halus :
2 siung bw putih
1/4 biji pala
1/2 sdt lada

Mayonaise :
1 sdm terigu
250 ml susu cair
1 kuning telur
1/2 sdt gula pasir
seujung sdt garam
1-2 sdm air jeruk nipis/lemon
1 sdm margarin

Pelengkap :
wortel rebus
buncis rebus
kentang goreng
timun
tomat
daun selada
bw merah, diris tipis
telur rebus/telur pindang

Cara membuat :
1. Mayonaise : campur terigu, susu dan kuning telur, aduk sampai licin, jerang diatas api kecil sampai meletup letup. Bumbui garam, gula dan air jeruk. Matikan api, beri margarin. Cicipi rasanya, harus gurih, manis dan asem.
2. Semur : tumis bw merah sampai wangi, masukkan bumbu halus. Masukkan ayam, beri kecap. Tuangi air. Beri garam, gula, kayu manis dan cengkeh. Didihkan sampai bumbu meresap dan air agak menyusut. Dinginkan.
3. Penyajian : tata diatas piring semua sayuran rebus dan pelengkapnya beserta mayonaise. Beri daging semur dan guyur dengan kuahnya. Racikan selad siap dinikmati.

2 komentar:

  1. Yesha Anista20 Juli 2013 12.08

    Kalau misalkan membuat mayonaise tnpa terigu dan susu gmn??

    BalasHapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.