Laman

Selasa, 04 September 2012

SATE KERE

Assalamualaykum



SATE KERE alias SATE GEMBUS

Hufffttt....berakhir sudah sesi pengambilan foto yang melelahkan. Mendung dari tadi pagi membuat foto kurang bagus hasilnya. Jeprat jepret dari jam 10 pagi, teteeeep aja nggak tajam gambarnya.



Sate kere ini dibuat untuk mengatasi rasa kangen saya terhadap sate kere Yu Rebi yg tersohor enaknya sak Solo Raya. Benar benar tiada bandingannya sate Yu Rebi ini. Bumbu kacang
nya manis dan legit, kaya dengan irisan daun jeruk purut. Bumbu kacang yang saya buat inipun masih jauh dari mendekati bumbu kacangnya Yu Rebi. Tapi lumayanlah untuk ngobati kengileran saya terhadap sate kere ini.

Cara membuat sate kere ini mudah saja. Tempe gembus dimasak dengan bumbu bacem, kemudian dibakar. Sajikan dengan lontong dan diguyur bumbu kacang. Yuk diliat resepnya.

Bahan :
400 gr tempe gembus, potong dadu
Tusuk sate secukupnya
sepotong lengkuas
3 lbr daun salam
500 ml air kelapa
100 gr gula merah
Lontong secukupnya
bawang merah dan cabe rawit iris, secukupnya

Bumbu bacem, dihaluskan :
1/2 sdt ketumbar
5 butir bw merah
4 butir bw putih
garam secukupnya
3 butir kemiri

Bumbu Kacang :
150 gr kacang tanah goreng, dihaluskan
5 butir bw merah, digoreng utuh
4 siung bw putih, digoreng utuh
1/2 sdt garam
125 gr gula merah
10 lbr daun jeruk purut, iris halus

Cara membuat :
1. Bumbu Kacang : uleg bw merah, bw putih dan garam. Masukkan gula merah, uleg sampai hancur dan liat, menyusul kacang halus, aduk rata. Beri daun jeruk yang diiris halus, aduk rata sisihkan. Bila akan disajikan, ambil bumbu kacang secukupnya dan beri air panas. Aduk rata.
2. Bacem gembus : tumis bumbu halus sampai wangi masukkan salam dan lengkuas. Tuangi air kelapa. Masukkan tempe gembus, rebus sampai bumbu meresap dan air mengering. Bila belum meresap tapi air sudah mengering, boleh tambah air lagi.
3. Tusuk bacem gembus menggunakan tusuk sate. Bakar diatas api sampai coklat kehitaman. Tapi jangan gosong lhooo....
4. Penyajian : tata lontong di atas piring beri sate gembus, tuangi bumbu kacang. Taburi dengan bw merah dan cabe rawir yang telah diiris halus.

Selamat menikmati sate kere....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.