Laman

Selasa, 04 September 2012

CHIFFON CAKE COKLAT

Assalamualaykum



Chiffon ini saya buat tadi malam. Setelah dijepret barusan, langsung naik tayang fb deh. Chiffonnya saya buat dalam rangka memerawani loyang baru, hihihi....Kemarin ketika jalan jalan dan berniat cari pisau, malah ketemu loyang chiffon bongkar pasang. Ya udah beli ajah.
Tapi hasilnya belum memuaskan. Permukaannya jadi cekung dan agak mengkilat. Mungkin karena terhalang dinding loyang yang tinggi, sehingga panas oven tidak bisa mengeringkan permukaan cake.

Sebelum pake loyang chiffon bongpas, saya biasa pake loyang tulban biasa dan permukaanya bisa kering. Yuk dicobain yuk. Ini resepnyaa....

Bahan :
50 gr coklat blok, potong kecil kecil
50 ml susu cair
50 ml minyak
75 gr tepung terigu
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1 sdm coklat bubuk
3 sdm gula pasir berbutir halus
3 kuning telur

3 butir putih telur
1/2 sdt garam halus
75 gr gula pasir berbutir halus

Cara membuat :
1. Jerang susu dan coklat blok dengan api kecil sampai coklat larut. Tidak perlu mendidih asal coklat sudah larut sudah cukup. Dinginkan. Campur dengan minyak goreng, sisihkan.
2. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C. Siapkan loyang chiffon diameter bawah 17cm, diameter atas 22cm. Jangan dioles apapun, biarkan kering saja. Bila memakai loyang bongkar pasang, panaskan sebentar dalam oven supaya sambungannya memuai. Hal ini untuk menghindari adonan jadi bocor.
3. Kocok putih telur dan garam sampai berbuih. Masukkan gula pasir dalam 3 tahap sambil dimixer, sampai putih telur kaku dan mengkilat. Biasanya akan memakan waktu 4 menit bila memakai hand mixer. Sisihkan.
4. Dalam wadah yang lain campur terigu, coklat bubuk, baking powder, soda kue ayak sampai rata. Campur dengan gula pasir, aduk rata.
5. Masukkan kuning telur, kocok dengan speed rendah, sambil dituangi larutan coklat+minyak. Kocok sampai rata saja.
6. Masukkan putih telur kaku ke dalam adonan coklat dalam 3 tahap, aduk balik dengan spatula sampai rata.
7. Tuangkan ke dalam loyang yang telah dipanaskan. Panggang selama 1 jam. Setelah 45 menit, cek kue dengan cara menyentuh permukaannya. Bila membal dan kering berarti kue sudah matang. Kue bisa dikeluarkan dari oven. Bila disentuh terbentuk cekungan, pindah ke rak atas lanjutkan memanggang sampai kering +- 15 menit.
8. Setelah dikeluarkan langsung tangkupkan/balikkan loyang sampai dingin. Setelah dingin, keluarkan dari loyang dengan cara mengikis bagian sisi kue menggunakan pisau tipis dan tajam. Lepaskan bag tengah dengan bantuan tusuk sate. Potong menggunakan pisau bergerigi. Sajikan.

Happy Baking....