Laman

Senin, 27 Agustus 2012

TAHU ACI

Assalamualaykum



TAHU ACI

Sudah lama saya kepingin praktek resep ini. Tapi berhubung batuk pilek tempo hari jadi tertunda bikin tahu acinya. Resep asli, tahu aci dinikmati bersama bumbu kacang. Berhubung saya sudah kemecer, bumbu kacangnya tidak saya buat.
Cukup dinikmati dengan sambal kecap atau sambal botolan saja. Rasanya lumayan, standar gitu.

Untuk tahu saya pake tahu kuning aja, yang sudah berbumbu. BIkin
tahu aci ini sebenarnya gampang banget. Yang bikin ribet cuma adonan aci/tapiokanya yang selalu mbleber ketika dioles ke permukaan tahu. Karena adonan acinya mbleber, sebagai akibatnya tidak bisa antri. Setelah dioles langsung masuk penggorengan.

Bahan :
6 bh tahu kuning, potong 2 bagian sehingga berbentuk segitiga
100 gr aci/tapioka/kanji
3 siung bawang putih, haluskan
garam dan merica secukupnya
75-100 ml air dingin
2 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat :
1. Buat lubang di sisi tahu, haluskan tahu yang telah dikeruk tadi.
2. Campur tahu halus, aci, bawang putih, garam dan merica, aduk halus. Bila suka kaldu bubuk boleh ditambahkan. Masukkan juga daun bawang.
3. Tuangi air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Adonan yang terbentuk sangat liat dan pekat. Sisihkan.
4. Panaskan minyak goreng yang cukup banyak dengan api sedang cenderung kecil.
5. Ambil sepotong tahu, isi lubangnya sampai penuh. Oleskan juga ke permukaannya.
6. Goreng sampai tahu dan acinya matang. Karena adonan aci sangat pekat, gunakan api agak kecil supaya benar benar matang sampai ke dalam. Angkat tiriskan.

O iya tempo hari mb Anita Ibu EasyCooking sudah posting resep ini dan semakin membuat saya ngiler. Makasih mb Nita, tuk resepnya yaaaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.