Laman

Sabtu, 25 Agustus 2012

PEPES NASI BAKAR


Assalamualaykum


TANTANGAN KEHORMATAN GRUP DAPUR AISYAH, APRIL 2012

Alhamdulillah, bisa juga menyelesaikan tantangan kali ini. Sempat binun mau bikin masakan apa gitu. Akhirnya diputuskan bikin Nasi Pepes Bakar. Nasi ini sering saya buat dalam masakan harian saya. Mudah banget bikinnya. Bisa dibuat menggunakan nasi yang dimasak sehari hari, kemudian tinggal membuat tumisannya saja. Garnishnya berupa cabe merah besar yang saya bentuk menjadi bunga.


Tema : Olahan Nasi/Beras + Garnish
Ide tema : Mbak Lia 'Dapure UmmuAisy'
Oleh : Rina Audie

Bahan :
300 gr beras
Air secukupnya
Teri medan, digoreng kering
Daun salam secukupnya
Daun pisang secukupnya

Bahan tumisan :
6 butir bw merah
4 siung bw putih
1 bh dada ayam, direbus, potong dadu
1 bh wortel, potong dadu
100 gr buncis, potong 1 cm
2 sdm saus tiram
1 sdt kecap asin
2 sdm kecap manis
1 btg daun bawang, iris halus
garam, gula merica secukupnya


Cara membuat :
1. Masak beras seperti biasa. Setelah matang, sisihkan.
2. Tumisan : tumis bw merah, bw putih sampai wangi. Masukkan daging ayam, wortel, dan buncis.
3. Bumbui dengan saus tiram, kecap asin, kecap manis, garam, gula dan merica. Masak sampai matang. Masukkan daun bawang. Angkat.
4. Campur nasi dan teri medan goreng, aduk rata.
5. Ambil selembar daun pisang, beri daun salam. Letakkan nasi diatasnya, beri 2 sdm tumis ayam dan sayur. Gulung sambil dipadatkan. Semat kedua sisinya dengan lidi.
6. Kukus selama 30 menit. Setelah dikukus lanjutkan dengan dibakar, sampai daun menjadi sedikit kering. Angkat. Sajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.