Halaman

Minggu, 12 Agustus 2012

KETAN TALAM

Assalamualaykum









Ketika gledhah-gledhah (ngebongkar) stok logistik, nemu beras ketan. Sejak kapan ya aku nyimpen beras ketan ? Udah lupa. Saking lamanya kali ya sampe lupa. Daripada keburu rusak, mending diolah aja. Sempat binun mau dibikin apaaaaa gitu. Begitu buka koleksi tabloid favorit,
langsung pingin ketan dilapis talam. Tapi talamnya yang manis, trus warna warni. Gampang bikinnya. Yang susah justru ngiris kuenya ! Hahaha....gimana enggak, pisau udah dioles minyak masih juga belepotan disana sini. Saya memakai loyang persegi ukuran 18 cm, hasilnya terlalu tinggi. Pake loyang yang lebih besar, mungkin hasilnya lebih cantik. Hayuk disimak resepnya.

Bahan ketan :
200 gr beras ketan, rendam semalam
1/2 sdt garam
300 ml santan dari 1/4 butir kelapa parut

Lapisan talam :
100 gr tepung beras
50 gr tepung tapioka
100 gr terigu
150 gr gula pasir
1/2 sdt garam
750 ml santan dari 3/4 butir kelapa parut
pasta coklat, pasta strawbery, pasta orange, pewarna ungu.

Cara membuat :
1. Panaskan kukusan sampai panas. Cuci bersih beras ketan, tiriskan.
2. Dalam sebuah wadah tahan panas (saya pake loyang) campur jadi satu beras ketan, santan dan garam. Kukus selama 30 menit.
3. Siapkan loyang ukuran 18 x 18 x 7, alasi plastik bag dasar dan sisi loyang. Olesi minyak goreng.
4. Angkat ketan dari dandang, aduk rata. Tuang ketan ke dalam loyang beralas plastik, padatkan. Kukus kembali selama 15 menit.
5. Selama ketan dikukus, siapkan adonan talam. Campur semua bahan, tep beras, tepung tapioka, terigu, gula, dan garam. Tuangi santan sambil diaduk rata.
6. Bagi menjadi 4 bagian. Beri pasta coklat, strawberry, orange dan pewarna ungu.
7. Tuangkan adonan coklat di atas ketan, kukus 10-15 menit sampe keras.
8. Setelah keras, tuangkan adonan strawbery, kukus sampe keras. Begitu juga adonan orange dan ungu.
9. Setelah lapisan terakhir dituang, kukus selama 25 menit.
10. Angkat dari kukusan, dinginkan di dalam loyang sampai benar benar dingin. Potong dengan pisau beroles minyak. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.