Roti Goreng Daging Kari

Assalamu'alaykum


Iseng-iseng saya memberdayakan daging sapi stok Idul Adha tempo hari. Daripada kelamaan ngendon di kulkas, harus segera dieksekusi. Karena teringat suguhan roti goreng waktu 17 Agustusan, saya jadi kepingin roti goreng gurih. Klop kan. Daging yang sudah diolah dijadikan isian roti goreng. Enak lho. Bapaknya anak-anak yang gak suka roti gurih aja, bilang enak. Artinya, doyan. Dia lebih suka roti manis soalnya. Dan roti goreng ini sukses jadi cemilan orang rumah. Pagi hari dibuat, menjelang siang sudah habis. Alhamdulillah.

Bahan isi :
5 butir bawang merah*
3 siung bawang putih*
¼ sdt jintan*
½ sdt ketumbar *
3 butir kemiri*
300 daging sapi, rebus, cincang kasar
150 gr kentang, kupas, potong dadu kecil
2 sdm kari bubuk
Garam, gula dan merica bubuk secukup rasa
200 ml air kaldu daging
1 batang daun bawang, iris halus

Bahan Roti :
500 gr terigu serbaguna
25 gr susu bubuk
25 gr gula pasir
4 gr garam
5 gr ragi/yeast instant
250-275 ml air
1½ sdm mentega (boleh diganti margarin)

Bahan lain :
Putih telur untuk celupan
Tepung panir kasar untuk pelapis

Cara membuat :
1. Bahan isi : haluskan bumbu bertanda * kemudian tumis sampai garing dan matang. Masukkan kentang dadu dan air kaldu. Didihkan dan rebus kentang sampai empuk. Masukkan daging cincang. Taburi bumbu kari, garam, gula dan merica, aduk rata. Masak sampai matang dan airnya kering. Masukkan daun bawang aduk rata. Matikan api, dinginkan.

2. Roti : dalam wadah besar campur terigu, susu bubuk, gula pasir dan garam. Aduk rata. Taburkan ragi instant, aduk rata lagi.

3. Tuangi air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai menggumpal dan lengket. Beri mentega, uleni lagi sampai kalis (tidak lengket). Tutup kemudian fermentasikan hingga naik dua kali lipat dari ukuran semula.

Note :
* Saya menguleni malam hari, selanjutnya dimasukkan toples plastik berdinding tinggi dan beroles minyak, tutup rapat. Kemudian masuk kulkas selama 11 jam. Dimulai dari jam 20.00 s/d 07.00 esok pagi.

4. Kempiskan adonan. Bagi jadi 30 bagian, bulatkan (@ 30 gr). Ambil adonan, pipihkan. Beri isi daging kari di tengah, bulatkan sampai rapat. Celup dalam putih telur, gulingkan ke atas tepung panir. Letakkan di atas loyang bertabur terigu. Lakukan adonan sampai habis. Tutup dan fermentasikan sampai naik 50% dari besar semula.

5. Panaskan minyak goreng cukup banyak. Goreng menggunakan api cenderung kecil sampai bawahnya kecoklatan. Balik sekali dan goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

Wah lembut banget deh kelihatannya..jadi ngiler..apalagi isinya kari daging.. Enaknye...

Iya mb Monica, enak dan lembut rotinya. Gak rugi bikin banyak karena cepet habis

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon