Telur Ceplok Kecap Pedas

Assalamu'alaykum


Apa kabar semua ? Taqaballallaahu minna wa minkum (semoga Allah menerima amalku dan amal kalian semua). Selamat Hari Raya 'Idul Fitri 1440 H. Lama ya saya gak ngeblog. Gegara Google Plus (G+) dihapus, saya gak bisa masuk ke blogger. Kok bisa ? Iya. Ini kesalahan saya. Murni salah saya. Beberapa bulan sebelumnya saya sudah dikirimi email beberapa kali oleh blogspot bahwa G+ akan segera dihapus dan disarankan untuk segera ganti profil jadi Google biasa. Saya cuek saja karena yakin profil yang saya pakai itu Google, bukan G+. Yakin banget seyakin yakinnya dan tidak berusaha ngecek profil blogger (kepedean yang keterlaluan yang berakhir kualat kayaknya). Akhirnya ketika buka blog tanggal 2 April 2019, kok saya gak bisa buka blogger ??? Saya benar benar kaget dan panik seketika. Segera saya menyadari bahwa saya sudah membuat kesalahan, tidak memeriksa profil blogger padahal sudah dikirimi surat cinta dari blogspot. Sampai beberapa hari ke depan saya cek terus, sambil googling sana sini mencari informasi, berharap siapa tau bisa membuka blogger (tetep usaha kan yes 😄). Menulis email bolak balik dan sangat berhati-hati menulis passwordnya dengan harapan bisa masuk blogger kembali. Teteeeepppp tidak bisa. Akhirnya setelah hampir 2 minggu saya menghentikan kegiatan buka blog karena merasa sia-sia. Meski blog bisa diakses, tapi saya tetap tidak bisa masuk ke blogger. Pasrah deh. Waktu itu saya berpikir mau migrasi ke IG saja dan tak peduli pada DapurManis lagi. Sedih sesedih sedihnya. Saya merasa blog yang dirintis sejak 2012 tidak bisa saya lanjutkan kembali. Belum lagi ada adsense yang sudah mencapai $75. Kan bikin mewek banget ini. Meski mewek, matre tetep wajib kan ya hahahah..... Dan akhirnya, saya sudah sampai di titik terendah, tidak berharap bisa menulis di blog lagi. Hal ini berlangsung sampai 1 bulan kurang lebihnya.

Suatu ketika saya iseng. Tujuannya ingin mengenang kegiatan saya beberapa tahun terakhir ini sebagai seorang blogger. Awal Juni 2019 lalu saya buka blog kemudian menulis email dan password, mencoba masuk blogger lagi. Lah kok bisa ??? Horeeeee.....langsung deh ceki-ceki semua "onderdil" di dalamnya. Masih lengkap. Komplit. Tidak lupa untuk cek komentar dan ternyata ada beberapa komen di tinggalkan teman blogger. Hari itu saya merasa sangat happy, merasa terbang sampai langit, saking senangnya karena DapurManis sudah kembali lagi. Alhamdulillah 😇😇😇 Serasa dapat surprise. Semangat saya muncul kembali untuk update resep. Saya berjanji dalam hati harus menulis resep baru di DapurManis. Dan sekaranglah saatnya saya harus menyapa kembali teman-teman dunia maya saya. Jujur saja, saya masih cinta blogspot. Masih cinta jadi seorang blogger. Yang paling penting, masih cinta duit adsense juga wkwkwkwk...... Saya juga berusaha memudahkan teman-teman pembaca DapurManis yang lebih suka membaca blog daripada buka IG atau Youtube karena alasan boros kuota. Saya berusaha memahami, tidak semua orang diberi kelebihan materi sehingga bisa mengakses IG atau Youtube. Pernah ada seorang teman yang keberatan jika saya pindah ke IG sepenuhnya dan meninggalkan DapurManis dengan alasan dia tidak mampu jika harus mengakses IG. Hal itulah yang menjadi penyemangat saya untuk bertahan menjadi seorang blogger. Penghapusan G+ ini jadi bahan pelajaran saya supaya tidak cuek dengan blog. Selama ini saya terlalu asik nulis resep dan motret, tapi abai terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan keberlangsungan DapurManis. Alasannya, karena saya sudah malas utak atik blog, dan merasa lebih asik menulis resep saja.

Well, sekarang kembali ke resep ya. Masak praktis dan sederhana saja karena kita semua telah makan makanan berlemak tinggi ketika lebaran tempo hari. Telur ceplok yang dibuat ini sebenarnya karena kepepet. Biasalah kalo lebaran, tukang sayur yang jualan masih bisa dihitung dengan jari. Terpaksa harus ke pasar induk karena pasar komplek masih sepi dari pedagang. Udah gitu harga sayur juga masih selangit. Sebagai penyelamat perut, bikinlah telur ceplok kecap pedas sebagai menu makan siang di rumah. Resep yang gampang banget. Semua pasti bisa. Bahan juga sederhana dan murah meriah. Tapi hasilnya, jangan ditanya deh. Buktinya orang di rumah mau nambah nasi terus di piringnya hahahah...

Bahan :
6 butir telur ayam
300 ml air
5 sdm kecap manis
½ sdt garam
2 sdt gula pasir
½ sdt saus tiram

Bumbu iris :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
8 bh cabe merah keriting
5 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
1. Buat telur ceplok satu persatu dengan minyak sampai matang. Jangan lupa diberi sejumput garam ya masing masing telur ceploknya. Biar gurih hasil akhirnya nanti. Angkat, tiriskan.

2. Panaskan sedikit minyak di atas wajan, tumis bumbu iris sampai layu, harum dan sedikit kering. Tuangkan air.

3. Menyusul sisa bumbu, kecap manis, garam, gula dan saus tiram. Biarkan mendidih.

4. Masukkan telur ceploknya. Masak hingga meresap dan kuah sedikit berkurang. Koreksi rasanya. Boleh diberi kaldu bubuk bila suka. Jika sudah pas rasanya, matikan api. Siap disajikan.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

8 komentar

Senang deh mbak Rina bs exist lg... Saya silent reader mbak Rina.



Mom Khalishah

@Mom Khalisah

Terimakasih untuk dukungannya. Memang sih, kejadian di atas itu kesalahan saya yg terlalu pede gak periksa profil blogger. Akibatnya, saya gak bisa masuk ke blogger. Padahal waktu itu sedang tinggi mood untuk menulis. Sudah menulis di GNotes berbagai macam resep yg akan tayang di blog. Seketika langsung runtuh semangat saya saat itu. Alhamdulillah, pihak blogspot masih berbaik hati membuka pintu bagi saya supaya masih bisa masuk ke blogger. Tidak menghapus DapurManis dari jagat maya.

Semoga saya masih bisa eksis di Dapur Manis. Mohon doanya ya. Dan terimakasih sudah berkenan mampir di DapurManis.
Salam manis

Waaaahhhh nderek binggah mbak, saya ga bisa bayangin betapa galaunya selama 3 bulan....semangat selalu ya mbak rina

@BUBUKEYTARO
Hwaaaaa akhirnya ada mb Iim di sini. Senangnya akyuuu (lope-lope). Iya, diriku galau banget. Sampai-sampai aplikasi GNotes aku hapus dari hp karena merasa ga ada harapan nulis di blog lagi (hp juga protes terus karena memori udah mefet banget). Apesnya, aku lupa melakukan sinkron dengan Gmail. Akibatnya, ketika diinstal lagi ilang semua datanya wkwkwkwk..... Padahal ada 2000an data lho. Tapi gak apa kok, asalkan DapurManis bisa kembali padaku lagiiiii.....

welcome back setelah lama menghilang karena insiden g+ ini mba Rina..hug hug dulu..
ah kebayang kan paniknya..apalagi sudah dari tahun 2012 kan ya mba... sedih donk pastinya, ditambah lagi duit adsense itu loh ha ha ha
he eh mba toss, daku juga kok sekarang sudah malas utak atik blog, mau susun lagi tuh adsense nya tapi belum sempat aja

nah menu-menu dapur manis ini sederhana tapi pastinya ngabisin nasi ha ha ha.. gawat

Waduh, kok bisa terabaikan gitu surat cinta dari google gitu,kaaak ..

Beruntung, blog keren ini akhirnya terselamatkan juga akhirnya.
Ikut lega saya.

Tau ngga,kak .. telor ceplok kecap ini salah satu favoritku.
Praktis bikinnya dan rasanya .., makjLe.., eunaak tenan.

@ Monica Rampo
Hohoho.... Gegara kepedean jatuhnya jadi kualat deh. Pdahal mb Monic dulu pernah japri aku kan ya kalo G+ mau dihapus. Diriku sudah tau emang. Tapi ya itulah, gak dicek karena yakin gapake Ga+. Gak taunya bikin mewek hihihi....

Yang bikin semangat jadi blogger tuh ya adsense ini. Kalo gada adsense, ga tau deh mau diterusin apa gak blognya hihihi....

Resep yang kubikin emang yang gampang saja. Kan kebanyakan ibu ibu hobinya 'masak bingung' to. Makanya DapurManis berusaha kasih solusinya (promo lol)....

@Himawan Sant
Halo apa kabar. Iya tuh. Terlalu cuek sama email dari blogspot. Jadinya ya gitu deh, gabisa masuk blogger. Berasa tamat deh riwayat saya jadi blogger. Untung blogspot baik hati mau buka pintu buat blogger bandel kayak saya hihihi....

Sebenarnya antara cuek dan gaptek beda tipis ya. Antara ga peduli sama oon beneran gak jauh beda. Saya malesnya tuh kalo udah dapat surat cinta, ogah otak atik. Takutnya kalo diotak atik malah bisa ngerubah kode kode yang saya ga tahu, yang bisa berakibat fatal.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon