Brownies Kacang Tolo

Assalamu'alaykum



Beberapa lama gak punya mood untuk ngeblog nih. Maaf ya. Komentar yang masuk pun belum juga berbalas hingga  sekarang. Maaf lagiiii hiks. Karena gak mood baking cooking resep baru, akhirnya ada bahan yang numpuk. Hufftt....merasa bersalah rasanya menelantarkan mereka semua. Ngeblog kali ini memanfaatkan kacang tolo yang ada di kulkas, saya kepikiran ide membuat cemilan manis. Selama ini kacang tolo identik dengan sambel goreng atau lentho, alias olahan yang gurih. Bagi saya yang orang Solo, kedua olahan tersebut sangatlah familiar. Sangat mudah menjumpai sambel goreng kacang tholo ataupun lentho yang biasa dijual pada pagi hari untuk ganjal perut. Kali ini saya bereksperimen dengan brownies saja. Brownies cukup luwes jika divariasi dengan berbagai macam bahan. Di blog ini, saya sudah bikin brownies pakai ubi, pisang, ketan hitam atau tanpa telur. Saya sudah lupa berapa jumlah resep brownies yang telah terpampang manis di dalamnya. Yang paling mutakhir adalah brownies tape. Dari resep terakhir itulah panduan saya bermain-main menggunakan kacang tolo. Tekstur kacang tolo yang keras cukup mudah "dijinakkan" supaya jadi empuk. Caranya cukup dengan merebus air sampai mendidih dan selanjutnya kacang tolo dimasukkan. Cukup rebus selama 10 menit. Kemudian matikan api dan diamkan selama 1 jam. Rebus lagi selama 5 menit dihitung sejak air mendidih. Kacang tholo sudah empuk dan siap digunakan. Pada tahap ini kacang tholo sudah bisa digunakan untuk masak sayur atau bikin cemilan lain, semisal lentho atau lainnya. Gampang kan ya. Resep di bawah juga gampil kok tinggal aduk aduk pakai spatula aja tanpa mixer. Hasilnya enak, nyoklat, lebih padat dan ada tekstur sedikit kasar dari kacang tolonya. Sebagian dilumat kasar supaya terasa kacangnya dan sisanya dihaluskan. Jika kurang menyukai, kacang bisa dihaluskan semua ya. Seperti biasa, hasilnya gak terlalu manis. Jika anda seorang sweet tooth, tambahkan takaran gulanya. Sekarang intip resepnya yuk.

Bahan :
175 gr kacang tolo/kacang tunggak
200 gr gula pasir (tidak terlalu manis)
100 gr mentega tawar
75 ml minyak sayur
2 butir telur utuh
50 gr coklat bubuk
25 gr susu bubuk fullcream
25 gr cappuccino bubuk
⅛ sdt garam halus
90 gr terigu serbaguna

Taburan : chocochips, wijen, kenari, chocochips

Cara membuat :
1. Didihkan 1 liter air untuk merebus kacang tholo. Setelah mendidih masukkan kacang dan rebus selama 10 menit. Matikan api. Panci dalam kondisi ditutup. Diamkan 1 jam kemudian rebus lagi. Setelah mendidih kembali, lanjutkan merebus selama 5 menit. Cek kacang tholo. Ambil 1 butir kemudian kunyah. Jika sudah empuk, matikan api. Tapi jika masih keras lanjutkan merebus 5 menit lagi. Angkat kacang dan tiriskan. Selagi panas lumatkan. Boleh pakai food processor, dry mill, ulegan atau apa saja. 1/3 bagian lumatkan kasar saja, sisanya lumatkan sampai halus.

2. Selagi panas, masukkan gula pasir, aduk sampai rata. Tujuannya supaya gula jadi larut. Sisihkan.

3. Siapkan 1 bh loyang ukuran 22x22x4cm. Alasi kertas roti, olesi minyak. Panaskan oven 200'C, sisihkan. Lelehkan mentega sampai mencair, matikan api. Masukkan minyak goreng, sisihkan.

3. Dalam wadah besar masukkan campuran kacang lumat, mentega leleh, minyak dan telur, aduk rata pakai spatula. Menyusul bahan kering sambil di ayak, coklat bubuk, susu bubuk, cappuccino, garam dan terigu. Aduk asal rata. Jangan overmix.

4. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Taburi dengan taburan. Panggang dalam oven di rak atas selama 18-20 menit. Jangan overbake supaya tidak kering. Keluarkan, dinginkan sebelum dipotong.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

Mba..daku blm pernah ketemu kacang tolo di sini, ih padahal suka banget makan lento..bener kan mba lento gorengan kacang tolo itu? Waktu ke demak makan itu kok suka banget ya..nah kok ga kepikiran bawa kacang tolo ke batam

@mb monica
Iya, kacang tholo buat lentho. Tau aja deh sama lentho. Jadi kangen diriku sama lentho, tapi males marut singkongnya hahahahah

Kalo ga ada kacang tholo, pakai kacang ijo atau kacang merah bisa juga kok. Cobain deh

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon