Pindang Bandeng Kemangi


Assalamu'alaykum


Setelah beberapa lama absen masak bandeng, tukang sayur nawari saya bandeng lagi. Ndilalah orang di rumah pada mau ketika saya tawari. Siplah. Tapi saya nggak tau mau dimasak apa lagi nih bandengnya. Setelah obok-obok internet, saya kepincut Pindang Bandeng dari Sajian Sedap. Bahan yang mudah dan tersedia di kulkas membuat saya segera mengeksekusinya. Cara buatnya juga simpel cuma dicemplungin aja semua bahan setelah menumis bumbu. Bumbu halus diganti bumbu iris karena males nyuci cobeknya hahahah.....lha berat banget sih cobek batu. Kalo cuma buat ngulek sedikit, perasaan gak sepadan dengan nyucinya. Setuju kan ? Bilang aja setuju hahahahah..... Maksa ye 😁😁😁Seumur umur saya baru sekali ini makan masakan ini (paling pol cuma dipresto doang kemudian digoreng). Setelah matang wuih....enak dan seger 😋

Pindang Bandeng Kemangi
Sumber : Sajian Sedap dengan modifikasi

Bahan :
2 ekor ikan bandeng, masing-masing potong 3 bagian
2 buah cabai merah, iris serong
1 batang serai, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
3 bh belimbing sayur, belah 2 memanjang
1 buah tomat merah, potong-potong
1.000 ml air
¼ sdt kunyit bubuk
2 sendok teh garam
1 sendok teh gula pasir
4 tangkai kemangi, dipetik
2 sendok makan minyak untuk menumis 

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih 

Cara Membuat :
1. Panaskan minyak. Tumis bumbu iris, cabai merah, serai, lengkuas, daun salam, dan daun jeruk sampai harum.

2. Masukkan belimbing sayur dan  tomat. Aduk sampai layu. Tuangkan air dan kunyit bubuk. Masak sampai mendidih.

3. Tambahkan ikan bandeng, garam, dan gula pasir. Kecilkan api. Masak sampai meresap. Tambahkan daun kemangi. Masak sampai matang.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

ha ha ha... cobeknya besar ta mba?

wuih.. pindang begini memang mantap deh, segar.. lihat belimbing wuluhnya langsung nelan ludah hi hi hi

kalo aku takut dengan durinya yg banyak mbak. Katanya emang daging bandeng enak ya mbak. -irene

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon