Brownies Kukus Satu Telur

Assalamu'alaykum


Mengobati kerinduan akan cake coklat kukus sekalian mengurangi stok coklat bubuk di dapur. Karena bengong akibat ga ada kesibukan, dan blog tidak segera diupdate, saya membuat cake coklat kukus. Kalo di Indonesia lazim disebut dengan brownies kukus kan ya. Padahal ini cake kukus coklat yang spongy. Bukan brownies. Tapi karena sudah terbiasa disebut begitu ya gak apa deh. Cake coklat ini dibuat hanya dengan 1 telur saja. Biar irit hihihi....saya sering penasaran dengan hasilnya jika menggunakan sedikit telur. Kalo telur banyak, bisa ditebak hasilnya pasti empuk spongy dan menul-menul. Lebih gurih juga. Tapi sudah beberapa tahun belakangan ini saya kurang menyukai telur dengan jumlah sejibun karena merasa sudah eneg. Pingin cake atau bolu yang ringan-ringan saja rasanya. Salah satu eksperimen saya ya resep di bawah ini. Rasanya paduan kopi dan coklat. Jadi moka ya kalo begitu. Terserah deh mau disebut apa saja tetep rasanya oke kok.

Bahan :
2 sachet (20 gr) kopi 3 in1
250 ml air panas
200 ml minyak sayur/minyak goreng
1 butir telur
170 gr gula pasir
1/8 sdt garam halus (tambahan dari saya)
200 gr tepung terigu
50 gr coklat bubuk (pakai Bensdorp)
½ sdt soda kue
1/2 sdt baking powder
2 sdm (20gr) susu bubuk

Cara membuat ;
1. Siapkan loyang tulban/ring diameter 20cm (volume 1.200 ml) olesi dengan margarin/minyak goreng. Panaskan kukusan supaya mendidih dan beruap banyak.

2. Campur kopi dan air panas aduk sampai larut. Tambahkan minyak goreng, sisihkan. Ayak terigu, coklat bubuk, soda kue dan baking powder. Masukkan susu bubuk, sisihkan.

3. Kocok telur, gula dan garam menggunakan whisker atau garpu sampai gula larut (saya pake mixer speed rendah).

4. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk, berselang-seling dengan larutan kopi+minyak. Awali dengan tepung dan akhiri dengan tepung juga. Adonan akhir agak kental dan mudah dituang.

5. Tuang ke dalam loyang dan kukus selama 35-40 menit. Lakukan test tusuk.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

serius nanya..mba Rina kalau nyetok coklat bubuk biasanya berapa banyak?

aih enaknye cake ini...nyoklat deh, jadi pengen ikutan makan he he he

Kebetulan pas kemecer, sehingga beli 1 kg ! Hahahah....kemaruk banget kan. Makanya sering eksekusi resep yang banyak cocoa nya biar cepet habis tuh cokbuk

Tempo hari bikin 2 loyang. 1 loyang dibagi sama tetangga. Enak. Nyoklat banget. Lebih enak daripada dia beli di bakery katanya.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon