Martabak Manis

Tags


Assalamu'alaykum


Bikin cemilan yang gampil ah. Martabak manis. Seperti biasa pakai teflon yang nangkring di dapur. Resepnya masih suka pakai ragi instant karena jarang gagal. Gak gak berani bilang anti gagal karena tiap orang berbeda "tangannya" dalam memperlakukan adonan. Berbeda pula cara masaknya. Masih juga nyontek martabak manis yang ada di blog ini. Kali ini resepnya pakai tapioka untuk tekstur yang rada kenyal. Untuk toping sesuai selera. Untuk yang di foto sengaja pakai meses saja karena mengejar waktu. Foto ini dibuat jam 17.00 sore dan kondisi mendung. Karena mengejar cahaya makanya ditoping seadanya. Hasilnya martabak manis ini langsung ludes pada malam hari. Alhamdulillah...

Bahan :
250 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm tepung tapioka/aci/kanji
1¼ sdt (5 gr) yeast/ragi instan
350 ml susu cair hangat
50 gr margarin
2 butir telur ayam
3 sdm gula pasir

Taburan : gula pasir
Isian/hiasan :
margarin
susu kental manis
keju parut
meises
selai blueberry

Cara membuat :
1. Campur susu dan ragi instan sampai rata, sisihkan sampai berbuih. Lelehkan margarin, sisihkan. Ayak jadi satu terigu dan tapioka, sisihkan. 

2. Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang, putih dan kental. Masukkan campuran susu+ragi bergantian dengan campuran tepung. Kocok dengan speed rendah sampai rata. Terakhir masukkan margarin leleh, kocok/aduk sampai rata. Tutup adonan menggunakan serbet lembab/tutup panci di tempat hangat selama 30 menit sampai mengembang.

3. Panaskan pan datar anti lengket diameter 16cm menggunakan api sedang. Biarkan kering jangan dioles minyak/margarine. Tuangkan 225 ml adonan, kecilkan apinya seketika supaya tidak gosong. Tekan bagian pinggirnya menggunakan sendok supaya terbentuk lapisan tipis di sisinya. Panggang menggunakan api kecil. Biarkan permukaan martabak berlubang-lubang. Taburi gula pasir.

4. Setelah lubang/pori yang terbentuk tinggal sedikit, tutup wajan supaya permukaan martabak mengering. Angkat martabak dari cetakan menggunakan spatula kayu.

5. Selagi panas olesi dengan margarin, susu kental manis, keju parut dan meises serta selai blueberry kemudian sajikan.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

Gak ada bosen nya saya kalo sama martabak hehe

Iya. Apalagi topingnya bisa divariasi tanpa batas. Bisa pakai coklat batang, wafer, biskuit, marshmallow atau lainnya. Endess jaminannya 👌👌

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon