Tempe Melet Kemangi


Assalamu'alaykum


Beberapa waktu yang lalu ada resep hits di FB. Namanya tempe melet.
Tempe ini merupakan tempe tepung tapi bagian tengah tempe dibelah kemudian diberi isi sambal. Ada juga yang menyebut tempe jepit karena isinya dijepit di tengah. Malah ada yang nyebut Tempe Judes. Mungkin saking pedesnya kali ya hihihi.... Dulu saya pernah bikin Tempe Isi Ragout. Mirip, beda isinya. Ngiler bener ngebayangin rasanya yang pasti nampol. Gurih pedes. Saya nggak tau definisi tempe melet ini apa. Apakah karena pedasnya sampai melet melet lidahnya, hihihi.....bisa jadi ya. Versi asli hanya berisi sambal tumis, tapi seperti biasa dimodifikasi biar lebih enak. Bagian tengah selain diisi sambel, dijejali irisan daun bawang dan kemangi juga biar wangi. Sambal dan kemangi cocok kan ya. Seumur umur saya tidak pernah malan tempe tepung bersama sambal tumis. Paling diceplusin rawit hijau atau sambal kecap. Supaya tidak terlalu pedas, saya pakai cabai merah besar. Kalo rawit semua, ampuuuunnn deh kagak bakalan kuat pedesnya hahahah 😁😁😁😁 Itupun masih diberi tomat untuk meredam pedasnya sedikit. Setelah matang ternyata enak hihihi....tidak terlalu pedas hasilnya. Mungkin karena dibalut tepung jadi pedasnya tenggelam oleh tempe dan tepungnya. Gimana, kepingin gak ? Mumpung hujan hujan nih. Cucok ngemil tempe ginian. Buat teman nasi ok juga lho ini 😋


Bahan isi :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
½ sdt terasi bakar
15 bh cabe merah keriting
10 bh cabe rawit merah
1 butir tomat merah, cincang kasar
¼ sdt garam
¼ sdt gula pasir
1 batang daun bawang, iris tipis
2 genggam kemangi, iris tipis

Bahan tempe mendoan :
1 papan tempe
200 gr terigu
2 sdm tepung beras
300-400 ml air
2 batang daun bawang, iris tipis

Bumbu tumbuk :
1 sdt ketumbar
3 siung bawang putih
2 butir kemiri sangrai
1 sdt garam
3 cm kunyit

Cara membuat :
1. Isi : haluskan bawang merah, bawang putih, terasi dan semua cabai. Panaskan sedikit minyak, tumis sampai wangi. Menyusul tomat cincang. Masukkan garam dan gula. Jika suka kaldu bubuk silakan ditambahkan. Aduk rata. Masak sampai matang dan kering. Terakhir daun bawang, aduk rata. Matikan api, biarkan dingin.

2. Iris tempe, jangan terlalu tipis supaya tidak patah ketika dibelah. Belah tengahnya tidak putus sehingga menyerupai kantung. Lakukan sampai tempe habis.

3. Ambil 1/3 bagian bumbu tumbuk dan air secukupnya. Masukkan irisan tempe ke dalamnya dan rendam tempe sampai bumbu meresap. Sisihkan.

4. Campur sambal tumis yang telah dingin, daun bawang dan kemangi. Aduk rata. Jejalkan ke dalam kantung tempe sampai penuh. Lakukan sampai tempe habis. Sisihkan.

5. Campur sisa bumbu tumbuk, terigu, tepung beras dan air, aduk sampai jadi adonan. Jangan terlalu kental supaya tempe bisa matang ketika digoreng. Koreksi rasanya. Masukkan irisan daun bawang, aduk rata.

6. Panaskan minyak goreng cukup banyak dalam wajan. Celup tempe ke dalam adonan tepung. Goreng tempe sampai kuning kecoklatan di kedua sisinya. Angkat tiriskan.

Allah SWT berfirman:

وَاِذَا  سَاَلَـكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ  اُجِيْبُ دَعْوَةَ 
الدَّاعِ اِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

"Dan apabila hamba-hamba-Ku 
bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran."
(QS. Al-Baqarah: Ayat 186)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

11 komentar

Saya udah jarang banget buka FB apalagi berkunjung ke grup masak. Jadi ketinggalan berita kekinian soal dapur.

Lucu juga tuh namanya, mba. Tempe melet alias tempe jepit alias tempe judes. Tapi sayang, diriku nggak bisa makan nih karena pasti pedas banget. Yang ada habis makan ini lidah saya melet-melet mulu, hahaha.

Kadang diriku masih suka bukain fb. Soalnya berandaku suka lucu lucu hasil status emak emak hahahah....

Itu tempe melet setelah ditepungin gak terlalu pedes lagi kok. Sebenarnya udah khawatir kalo terlalu pedes dan orang rumah gak doyan. Alhasil emak bisa disetrap ngabisin tempe melet sejibun hahahah

Sambelnya bikin ngiler,, enak pake sambal tomat klo mkan tempe

Saya lebih suka menyebutnya tempe judes sajalah :)

Belum pernah makan tempe pakai sambel tomat saya. Berarti mas Idris cocok nih dengan resep di atas

Boleeehhh...asalkan pas ngomong judes jangan melirik ke saya ya hahahah

Wuihhh ... bikin kepengin banget nyobain niiih ... 😁
Terutama yg dibikin kayak tampilan sandwich

Nah ini baru keren mas, tempe sandwich.

Ya tempe melet mirip sandwich memang

Yups, keren & kreatif idenya, kak Rina 👍

Pasti enaaak olahan kak Rina niih 😉

ah iya tempe ini sering wara wiri di wall fb, trus di ig juga

belum niat mau coba, hmmm enak juga kayaknya ya mba... sudah ngebanyangin kalau dibuat sambelnya pedes...super deh hi hi hi

Padahal resep ini sudah disimpan lama tapi gak segera dibuat. Biasalah moodnya sedang tak ke situ hihi

Yuk bikin. Enak lho mb Monic tempe melet ni

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon