Cibay...Aci Ngambay Aci Lebay

Assalamu'alaykum


Pernah dengar judul di atas ? Saya baru 2-3 hari lalu gegara browsing. Cibay adalah cemilan yang berasal dari sekitar Tasikmalaya dan Garut. Cibay ini singkatan dari Aci Ngambay. Ada yang nyebut aci lebay hihihi....Sedang definisi cibay adalah kulit lumpia yang diisi aci yang basah (ngambay), yang dicampur bersama suwiran ayam dan bumbu kemudian direbus sampai kental menyerupai lem. Kreatif deh ah orang Sunda bikin cemilan dari aci. Dari yang saya baca, lumpia isi aci ini dinikmati bersama cocolan saus sambal atau abon cabai. Atau adonan acinya diberi ulegan cabai yang super pedes. Saking pedesnya sampai "ngabarabay" (keluar air liur). Nah itulah kenapa disebut cibay.  Untuk resep di bawah saya bikin tidak pedes. Kalo tidak pedes, cara menikmatinya harus dicocol saus sambal. Atau ditaburi abon cabe. Meski sudah diberi bumbu rada banyak, tekstur aci yang seperti lem kok sepertinya merubah bumbu jadi agak netral ya. Jadi kesannya sedikit anyep gitu lho meski saya membuatnya pakai kaldu ayam juga. Mungkin karena itulah cibay harus dinikmati bersama cocolan atau taburan abon cabe. Biar lebih nendang rasanya. Nah biar saya gak keburu ngelantur, buruan ceki ceki resep aja ya...

Bahan :
25 lembar kulit lumpia
1/4 ekor ayam
400 ml air
250 gram aci/tapioka/kanji
2 batang daun bawang di iris tipis
4 siung bawang putih, di haluskan
1½ sendok teh garam
½ sendok teh merica bubuk
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Pelengkap (cocolan):
Bubuk abon cabe atau saus sambal pedas

Cara membuat :
1. Rebus ayam dan air sampai ayam jadi empuk. Angkat ayam dan ukur kaldu sampai 750 ml. Tambahkan air dingin supaya genap 750 ml. Sisihkan sampai dingin. Suwir-suwir ayam, sisihkan.

2. Dalam panci ukuran sedang masukkan aci. Tuangi air kaldu dingin, aduk sampai rata dan larut. Masukkan berturut turut ke dalam larutan aci, bawang halus, daun bawang, garam, merica dan ayam suwir. Koreksi rasanya. Tambahkan kaldu bubuk jika suka.

3. Panaskan aci di atas api. Aduk aduk menggunakan sendok kayu sampai kental, menggumpal dan bening seperti lem. Pastikan adonan telah menjadi bening seluruhnya. Angkat dari api.

4. Siapkan kulit lumpia, letakkan 1 sdm adonan aci ayam ke atasnya. Bungkus seperti risoles. Lakukan sampai adonan habis.

Note :
* Gunakan 2 buah sendok untuk meletakkan adonan aci ke atas kulit lumpia. Adonan yang super lengket agak sulit lepas dari sendok.

5. Panaskan minyak goreng cukup banyak. Goreng sampai matang. Sajikan bersama abon cabe atau saus sambal.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Mirip lumpia yaa karena memang kulitnya dari kulit lumpia, pake sambel pedas kayanya enak

Iya. Cibay masih sodaranya lumpia atau risol. Lha pake kulit yang sama. Cuma beda isi saja.

Paling pas memang dicocol saus sambal. Lebih yummy 😋😋

aihhh penasaran sama cibay ini, kapan2 mau coba buat juga ah... ntar nyontek ya mba resepnya

Boleeeehhh....contek aja. Bikin yang super pedes biar puas makannya 😋😋

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon