Cake Coklat Kukus Lapis Keju Kopi


Assalamu'alaykum


Bikin cake lagiiiii....agak lama saya gak bikin cake. Mana judulnya panjang banget hihihi... Akhir akhir ini lebih sering bikin roti ya. Rada jenuh rasanya makan cake mulu di rumah. Sampai beberapa bulan absen gak bikin cake sama sekali. Karena kelamaan, ditagih deh. Ini gegara anak saya beli cake coklat yang diberi lapisan krim kemudian ditaburi parutan keju dan coklat batang. Beli di tempat dia PKL, bulan Pebruari lalu. 1 cup ukuran agak besar seharga IDR 13.000. Menurut saya tidak mahal. Dari segi rasa cukup enak. Sedang gitu. Cake coklatnya lembut kemudian krimnya tidak eneg. Karena alasan itulah emak hari ini bikin cake karena ditanya "kok lama banget gak bikin cake sih". Ok lah kalo begitu. Emak mau eksperimen resep ya. Bikin cake coklat kukus yang dilapis keju dan kopi. Memberdayakan keju spread di rumah. Kejunya hadiah dari hasil lomba beberapa waktu yang lalu. Ketika hadiah datang, emak gak mood "nge-cake". Akhirnya nganggur tuh keju. Kalo sampai kadaluarsa, gawat deh. Resepnya sih simple ala DapurManis. Apa sih yang sulit dari resep yang sudah tayang di sini ? Saya sengaja bikin resep-resep mudah supaya bisa ditiru, terutama bagi pemula. Resep yang bisa dijadikan rujukan ketika belajar. Jika sudah mahir, silakan dikembangkan dengan modifikasi sesuai hati. Mau ditambah bahan ini itu, silakan. Jika laku dijual, maa syaa allah saya sangat senang jika mengetahuinya.

Untuk resep di bawah ini saya menggunakan cake coklat tanpa telur kemudian dikukus. Sengaja dikukus biar terasa moist. Cairan yang dipakai pun santan, bukan susu. Saya ingin sedikit rasa berbeda, yaitu gurihnya santan. Emang coklat dan santan enak ? Enak dong. Santan bisa dipakai menggantikan susu, terutama bagi yang alergi susu. Sedang lapisan atas pakai resep suka suka. Keju spread dicampur kopi 3in1, susu dan telur kemudian direbus asal kental. Mirip adonan talam ya ? Bolehlah disebut begitu tapi pakai susu cair, bukan santan. Sengaja mencampur kopi dan keju dalam satu adonan karena penasaran. Apakah cocok ya keju dicampur kopi ? Ternyata setelah saya browsing, ada juga tuh yang menikmati kopi bersama keju. Menurut saya hal itu sedikit unik karena saya belum pernah ngopi sambil ngeju. Lagipula saya bukan peminum kopi (yang demen kopi bapaknya anak-anak). Setelah dipikir bisa juga. Kan keju mengandung susu. Dan banyak sekali penikmat kopi yang menambahkan susu ke dalam kopinya. Berarti ide saya tidak terlalu salah mencampur kopi dan keju dalam satu adonan. Tapi kopi yang saya pakai jenis 3in1 ya bukan kopi hitam. Kopi jenis ini kan banyak mengandung krimer, jadi cocoklah dengan kejunya. Sekarang capcus ke resep yah....


Note :
* Lapisan atas setelah matang, dinginkan terlebih dahulu sebelum dipotong. Jika perlu masukkan ke dalam lemari es supaya lebih padat sehingga mudah dipotong.

Bahan Cake Coklat Tanpa Telur
75 gr gula pasir
200 ml santan sedang panas
110 gr terigu
25 gr coklat bubuk
1 sdt baking powder
⅛ sdt soda kue
20 gr margarine, lelehkan
1 sdt pasta coklat

Bahan Lapisan Keju Kopi :
50 gr gula pasir
2 sachet kopi 3in1
100 gr keju spread
50 ml susu kental manis putih
400 ml susu cair
2 sdm tepung jagung, larutkan dengan 50 ml air dingin
3 butir telur, kocok asal rata

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat ukuran 20x6cm. Alasi dasarnya dengan kertas roti kemudian olesi dengan minyak/mentega. Bagian dinding loyang biarkan kering saja supaya cake tidak menciut setelah matang. Panaskan kukusan sampai mendidih airnya. Sisihkan.
2. Cake Coklat : campur gula pasir dan susu panas sampai gula larut. Sisihkan sampai hangat.
3. Campur terigu, baking powder dan coklat bubuk. Buat lubang di tengah, tuangi larutan susu kopi hangat dan margarine leleh. Aduk rata menggunakan whisker atau spatula sampai rata dan licin. Terakhir pasta coklat, aduk rata.
4. Tuang ke dalam loyang kemudian kukus sampai matang menggunakan api kecil-sedang. Lakukan test tusuk untuk uji kematangan.

Note :
* Meski tutup kukusan sudah dibungkus serbet, permukaan cake tetap bergelombang. Sepertinya serbet saya kurang baik menyerap uap airnya.

5. Lapisan Keju : dalam panci ukuran sedang campur gula, kopi 3in1, keju spread dan susu kental manis. Tuangi dengan susu dan larutan tepung jagung. Aduk sampai semua rata.
6. Panaskan di atas api sampai sedikit kental. Koreksi rasanya. Angkat dari api. Biarkan hangat. Setelah hangat masukkan telur, aduk rata.

Note :
* Tingkat kekentalan adonan seperti susu kental manis ya supaya mudah dituang dan tidak menggumpal
* Pastikan adonan sudah hangat supaya telur tidak matang sehingga berserabut. Telur yang berserabut akan membuat lapisan kurang cantik
.

7. Tuang adonan keju ke atas cake coklat yang telah matang. Kukus kembali sampai matang +- 30 menit. Bungkus tutup dandang menggunakan serbet supaya tidak ketetesan uap air. Keluarkan dari kukusan kemudian dinginkan supaya padat.

Terkadang hasil jepretan terkesan seadanya ya.
Mood kurang bersahabat nih

اَللّٰهُ يَـبْدَؤُا الْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيْدُهٗ ثُمَّ اِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

"Allah yang memulai penciptaan (makhluk), kemudian mengulanginya kembali; kemudian kepada-Nya kamu dikembalikan."
(QS. Ar-Rum: Ayat 11)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Saya suka pakai santan daripada pakai susu. Gurih ya itu lo, kalau pakai susu kadang terlalu manis hasilnya. Kira-kira kalau pakai kopi hitam bagaimana hasilnya ya? kan nantinya hitamnya lebih sempurna.
Blog ini sudah mantap di mesin google, dengan nama Dapur Manis.

Alhamdulillah terimakasih kabar baiknya mas. Gak pernah ngecek gituan. Lagian gak mudeng juga. Mudengnya cuma urusan resep doang hahahha.....

Cake coklat boleh dong dikasih kopi hitam. Tadinya mau dikasih kopi instant tanpa ampas itu, eh malah kelupaan. Rasanya jadi sedikit pait tapi malah enak. Coklat join kopi. Gak terlalu manis.

yeayyy mba Rina bikin cake lagi...cihuy..

sudah kebayang enaknya cake ini lihat dari bahannya, mau sepotong mba, lembut gitu teksturnya ya..

Ini kalo gak ditagih orang rumah gak bakalan bikin cake heheheh....moodnya emang lg seneng ngeroti dan masak masak.

Tanpa diduga cake ini gak nyampe sehari habis ! Diriku cuma makan seiris, yang dipoto itu. Sisanya habis sama orang rumah. Alhamdulillah 😇😇😇

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon