Puding Biskuit Lapis Pandan

Tags

Assalamu'alaykum


Nggak tau kenapa saya lagi demen bikin puding. Meski cuaca hujan dan dingin, saya tetep nekat bikin pudding.
Lagi ga ada ide cooking dan baking kali ya, jadi kali ini korbannya adalah agar agar bubuk di rumah. Padahal sebelumnya saya nggak demen bikin puding. Makan puding juga kurang doyan, kecuali puding tertentu, yang sesuai selera saya. Misalnya Puding Biskuit 3 Lapis. Nah itu saya doyan. Pake banget malahan. Karena di rumah ada stok biskuit marie, saya pingin bikin kreasi lagi. Kali ini digabungkan dengan Puding Pandan Roti Tawar. Pasti yummy ya puding kayak begini. Warna hijau puding ini menggunakan pandan asli, tanpa tambahan pewarna sintetis. Di depan rumah saya menanam 3 pot pohon pandan. Lumayan untuk bikin kue-kue atau masak nasi biar wangi. Setelah matang, byuuhhh enak deh. Puding roti marie ternyata cocok digabung dengan puding pandan 😋😋😋 Apalagi aroma pandannya, wuih wangiiii....




Note :
* Dalam membuat santan pandan saya menghaluskan 10 lembar daun pandan dan santan sedang menggunakan blender. Setelah diblend kemudian disaring.

Bahan Lapisan Bening :
24 keping atau lebih biskuit marie
1 pack (7gr) agar-agar bubuk putih/plain
800 ml air
10 sdm gula pasir (bisa disesuaikan dengan selera)

Bahan :
5 lembar roti tawar tanpa kulit
2 sdm tepung jagung/maizena
125 gr gula pasir
800 ml santan pandan
1 bungkus (7 gr) agar-agar bubuk warna putih
1/4 sdt garam

Cara membuat :
1. Ambil loyang puding volume 2 liter, basahi dengan air dingin.

2. Tata/susun sirih biskuit marie di atas loyang. Sisihkan.

3. Rebus bahan lapisan bening seperti agar-agar, gula dan air untuk lapisan marie hingga mendidih, angkat dan biarkan uap panasnya hilang. Koreksi rasanya.

4. Tuangkan adonan agar-agar perlahan lahan, yang bertujuan agar biskuit tidak mengapung. Biarkan hingga mengeras permukaannya (setengah beku).

5. Potong/robek roti tawar kemudian masukkan dalam blender. Masukkan tepung jagung, gula pasir, sebagian santan dan agar-agar. Proses sampai halus.

6. Tuang larutan roti santan tadi ke dalam panci dan masukkan sisa santan dan garam. Rebus sampai mendidih dan kental, sambil diaduk aduk kemudian koreksi rasanya. Matikan api.

7. Tuang adonan agar-agar ke atas lapisan biskuit dan biarkan sampai beku di suhu ruang. Masukkan ke dalam kulkas supaya dingin.



Allah SWT berfirman:

اِنِّيْ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ رَبِّيْ وَرَبِّكُمْ  ۗ  مَا مِنْ دَآبَّةٍ اِلَّا هُوَ اٰخِذٌ ۢ بِنَاصِيَتِهَا  ۗ  اِنَّ رَبِّيْ عَلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ

"Sesungguhnya aku bertawakal kepada Allah Tuhanku dan Tuhanmu. Tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya (menguasainya). Sungguh, Tuhanku di jalan yang lurus (adil)."
(QS. Hud: Ayat 56)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

12 komentar

Saya belum berani bikin puding lapis lagi, mba. Takut patah hati lagi, hehehe....

Sepertinya ada yang baru tuh, mba?
Atau saya yang baru liat ya?
Yang ungu itu loh. Cantik dan manis.

Memang. Bikin puding lapis butuh nyali juga. Kalo sampai lapisannya terpisah bikin sebel yah.

Gak mb Sitti. Itu properti lama semua kok. Udah lama gak beli properti baru. Bikin penuh rumah. Suami manyun hahahah

mba Rina... mau... itu pudingnya menggoda banget deh, rasanya sudah kebayang.. aih batam panas banget neh.. butuh puding..

ih enak punya pandan sendiri, aku kapan ya rajin mau tanam2an lagi.. sekarang ga ada sama sekali tanaman, malas..

Kalo mampir k blogger2 kuliner cuma bisa ngiler aja

Batam panas yah ? Ciledug diguyur hujn terus. Duingiiiinnnn banget. Tapi nekat aja bikin puding hihihi...

Itu yang nanam bapaknya anak anak. Diriku kalo nanam pasti mati semua hahahah....kata orang tanganku panas mb Monica. Nanam rempah dapur kayak kunyit aja gak numbuh tuh hahahah....

Minta dimasakin istri dong mas biar gak ngiler heheheh

si emak sering bikin puding... tapi hasilnya g pernah kayak gini.. bunda klo bikin y ager2 aja gtu.. di taruk loyang. sampe padet rus di potong..
hihi

Ngiler, enak bangat kayaknya pudingnya

Hihi...memang, bikin puding lapis itu tidak mudah. Kalo nggak nyampur, mblesek ke bawah, ya terpisah lapisannya.

Meski puding biasa tetap enak kan. Saya aja tetep doyan puding yang seperti anda ceritakan di atas. Dulu ibu saya rahimahullah sering bikin puding seperti itu. Dan tetep aja ludes disikat anak anaknya

Alhamdulillah, cepet habis di rumah saya hihihi....

Mas Tama belum punya istri, mba Rina. Doain aja semoga disegerakan.

Oalaaahhh....

Semoga doa kita untuk beliau diijabah Allah, aamiin

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon