Laman

Sabtu, 12 Agustus 2017

Sarang Semut (Bolu Karamel) Rice Cooker

Assalamu'alaykum


Setelah sukses membuat Pandan Sponge Cake, saya ketagihan menggunakan Mito Rice Cooker R1 untuk bikin cake lagi.
Kali ini korbannya Bolu Karamel alias Si Sarang Semut. Resep diadaptasi dari resep andalan. Modifikasi yang saya lakukan cukup banyak. Salah satunya mengurangi jumlah telur. Ini mah namanya dirombak. Alhasil jadi resep baru hihi... 😁😁😁 Hasilnya, cukup mencengangkan. Sukses berserat !! Alhamdulillah 😇😇😇 Jika dihitung sudah 5 tahun absen bikin sarang semut, ternyata resep ini masih sakti. Udah gitu dimodifikasi lagi. Maa syaa allaah....

Sarang Semut Rice Cooker (Bolu Karamel)
By Rina Audie

200 gr gula pasir
200 ml air panas
50 ml minyak goreng

80 gr terigu
20 gr tapioka/aci/kanji
1¼ sdt (5 gr) soda kue (pastikan masih kuat daya kerjanya)
Sejumput garam
2 butir telur utuh, kocok lepas
50 ml susu kental manis

Cara membuat :
1. Panaskan gula pasir di atas wajan datar anti lengket menggunakan api kecil. Setelah berkaramel tuangi air panas, rebus sampai karamel larut. Angkat, ukur sebanyak 350ml. Biarkan hangat/dingin. Masukkan minyak goreng, sisihkan.

2. Olesi baskom Mito Rice Cooker R1 (diameter 14 cm) menggunakan margarin, tipis tipis saja. Sisihkan.

3. Campur dan ayak jadi satu, terigu, tapioka, soda kue dan garam. Masukkan ke dalam wadah besar.

4. Tuangi dengan telur, aduk menggunakan whisker. Menyusul campuran sirup karamel+minyak sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan whisker. Adonan harus licin, jangan bergerindil.

5. Terakhir susu kental manis. Adonan yang terbentuk cair/encer.

6. Tuangkan ke dalam baskom rice cooker. Tekan fitur Cake. Biarkan 5 detik dan rice cooker segera bekerja. Rice cooker akan bekerja sampai waktu habis.

7. Jika waktu habis dan cake belum matang (gunakan tes tusuk) tekan fitur Cake lagi. Total waktu yang dibutuhkan sebanyak 150 menit (3x menekan fitur Cake). Angkat dan keluarkan cake dari cetakan. Dinginkan.

Note :
* Kunci sukses sarang semut ada pada bahan pengembang. Gunakan bahan pengembang berkualitas bagus. Jangan gunakan soda kue yang sudah sering dibuka tutup. Apalagi stok sejak jaman dinosaurus belinya. Beli yang baru gih. Yang masih bersegel dan belum kadaluarsa ! In syaa allah daya kerjanya masih kuat. Untuk sarang semut, saya bela belain beli soda kue baru meski ada stok lama di dapur, karena saya yakin daya kerjanya sudah menurun.



6 komentar:

  1. Bersarang banget, ngiler... jadi pengen buat lagi juga, dulu buat kan pake resep dari dapur manis juga he he he...
    karena ga punya mito rice cooker jadi buatnya nanti metode konvensional aja, dipanggang pake oven he he he...
    eh btw selamat ya mba menang dapat mito rice cooker ini..uhuy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mb Monic....
      Iya pas bikin deg degan banget, sukses apa gak, karena 5 tahun gak bikin sarang semut. Ternyata hasilnya menggembirakan meski dirombak bahannya hihi....

      Hapus
  2. Cakeeeepp...bolu favorit aq jg nih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah hasilnya memuaskan ini. Padahal diriku deg degan selagi belum dipotong. Gak pede 5 tahun absen bikin sarang semut hihi 😄😄😄

      Hapus
  3. Waawww....
    Sarangnya bikin ngiler, mba.
    Pasti yummy....

    BalasHapus
    Balasan
    1. So pasti Mb Sitti. Lama gak makan boou sarang semut, perasaan kok enak banget ya hahahah 😂😂😂

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.