Laman

Senin, 14 Agustus 2017

Roti Sobek Praktis

Assalamu'alaykum


Bikin roti sobek lagi buat ngisi blog yah. Roti sobek seperti biasa karena orang rumah sudah minta lagi.
Tanpa isian apapun karena mau dicelup ke dalam kopi atau susu coklat. Proses buat cuma sekali proofing sajah karena saya kemarin sedikit sibuk. Terigu yang dipakai adalah terigu serbaguna karena yang protein tinggi lagi habis. Lumayan buat cemilan di rumah nih. Penggunaan ragi instant sedikit saja supaya adonan tidak over proofing selagi dibentuk. Hal ini karena cuaca sangat panas ketika saya membuatnya. Tapi memang, fermentasinya jadi lama. Saya butuh waktu 1,5 jam supaya roti bisa mengembang besar.


Bahan :
275 gr terigu protein sedang
3 gr ragi/yeast instant
35 gr gula pasir
2 gr garam
1 butir telur utuh ukuran besar (sisakan 1 sdt untuk olesan)
130 ml susu cair full cream
40 gr mentega tawar

Cara membuat :
1. Siapkan loyang ring diameter 16cm tinggi 5cm. Alasi kertas roti dan olesi minyak/mentega semua bagiannya. Sisihkan.
2. Campur semua bahan kecuali mentega sampai menggumpal.
3. Masukkan mentega, uleni kembali sampai kalis elastis
4. Bagi adonan jadi 10 bagian (@50-52gr). Bulatkan dan tata dalam loyang. Fermentasikan hingga mencapai ketinggian 90% dari loyang (+- 1,5 jam. Dengan catatan bagian bawah loyang saya beri mangkuk berisi air panas).
5. Panaskan oven suhu 180'C. Olesi permukaan adonan dengan sisa telur. Panggang selama 30-35 menit hingga permukaannya kuning kecoklatan. Setelah matang olesi permukaannya dengan mentega.

Pakai breadmaker merk Bread Master :
* Masukkan semua bahan dimulai dari bahan cair, gula, garam dan mentega. Menyusul terigu. Buat cekungan di atasnya dan tuangkan ragi instant. Tekan menu Mix dan biarkan Bread Master bekerja sampai waktu habis (20 menit)
* Setelah itu lanjutkan seperti step 4 di atas.






10 komentar:

  1. Emg klo kebanyakan ragi efeknya apa mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terlalu cepat mengembang sementara kita masih sibuk membentuk adonan yang antri. Ini bisa menyebabkan berpori besar atau malah berlubang lubang. Teksturnya nanti jadi kurang cantik karena terkesan kasar.

      Solusi jika terlalu cepat mengembang, masukin kulkas biar agak di rem fermentasinya.

      Hapus
  2. wah super praktis rotinya apalagi kalau pakai breadmaker ya mba.. wuih enaknya roti begini dicelup kopi atau susu coklat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Ayo beli breadmaker atau bread machine biar efisien kalo bikin roti 😄😄

      Hapus
  3. Akuuuuuh suka resep roti 1 telur... 😉😉 wajib segera di coba inih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar... libur 17an aku bikin inih. Nanti di posting di FB kalo hasil nya cantik kaya yang bikin.... #eh 😂😂

      Hapus
    2. Hahahah 😂😂😂😂 ditunggu hasilnya yaaaa

      Hapus
  4. Wah, roti kesukaanku nih. Dimakan tanpa dicelup apapun sudah enak. Nyam, nyam, nyam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di rumah juga jadi favorit ini. Buat cemilah yah

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.